KUR Mandiri

Inilah penjelasan lengkap KUR Mandiri mulai dari bunga dan tenornya, limit pinjaman, tabel angsuran, dan syarat pengajuan di Bank. KUR atau yang disebut dengan kredit usaha rakyat merupakan program dari pemerintah dari usaha yang ada di Indonesia. Sehingga tidak heran jika setiap tahunnya terdapat anggaran dalam subsidi suku bunga KUR. Untuk melakukan pengajuan Coor bisa langsung melalui kantor cabang Bank Mandiri ataupun mitra usaha lainnya yang berada disekitar lokasi pemohon.

Pinjaman KUR atau kredit usaha rakyat akan memberikan fasilitas khusus untuk para pengusaha agar bisa memperoleh modal tambahan untuk mengembangkan atau ekspansi bisnis yang sedang dijalankan nya. Bank Mandiri memberikan fasilitas KUR Mikro dan KUR Ritel yang memiliki limit pinjaman modal usaha yang berbeda.

Loading...

Limit Pinjaman KUR Mandiri

Pada KUR Mikro maka Pemohon bisa mengajukan kredit maksimal dengan jumlah Rp 25.000.000 ditambah dengan total penerimaan dari debitur mencapai Rp 75.000.000 Rupiah. Sedangkan untuk KUR Ritel dapat mengajukan pinjaman uang hingga mencapai Rp 200.000.000 di Bank Mandiri. Untuk jangka waktu Pelunasan yang diberikan oleh bank mandiri yaitu mulai dari 12,24,36,48, dan 60 bulan tergantung dari jenis pinjaman yang diperoleh pemanfaatannya.

Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

Bunga KUR Mandiri

Keuntungan dari KUR Mandiri adalah memiliki bunga yang kecil atau tergolong rendah yaitu berkisar 6% per tahunnya, sehingga jika diakumulasikan maka bunga perbulannya yaitu sekitar 0,32%. Dari suku bunga yang ringan dan flat tersebut, maka peminjam bisa dengan mudah melunasi pinjamannya dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yang sudah dipilih. Untuk pengusaha kecil memang tidak akan cocok apabila memilih mikro, dikarenakan nilai suku bunga tersebut tidak memberatkan. Sehingga tidak heran apabila banyak yang memanfaatkan KUR mikro dan KUR Ritel sebagai investasi layaknya saham.

Loading...

Tabel Angsuran KUR Mandiri

Pada tabel angsuran kredit usaha rakyat Bank Mandiri maka minimal pinjaman yang dapat anda ambil yaitu mulai dari Rp 25.000.000 hingga Rp 500.000.000. Jumlah pinjaman tersebut akan memiliki tenor atau jangka waktu pengembalian yang berbeda beda, jadi pilih KUR yang sesuai dengan usaha Anda agar bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu. Sehingga penting sekali untuk dapat memilih tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman secara tepat agar tidak terkena denda atau gagal bayar. Berikut adalah tabel angsuran KUR Mandiri terbaru tahun 2021:

KUR Mandiri
KUR Mandiri
KUR Bank Mandiri
KUR Bank Mandiri

Jenis KUR Bank Mandiri

  1. KUR Mikro
    Kredit usaha rakyat Bank Mandiri dengan nominal pengajuan pinjaman paling kecil adalah KUR Mikro Mandiri. Limit pinjaman dari KUR ini yaitu mencapai Rp 25.000.000 dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yaitu mulai dari 3 tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja dan 5 tahun untuk kredit atau pembiayaan investasi.
  2. KUR Ritel
    Kredit usaha rakyat Bank Mandiri dengan nominal yang lebih tinggi dari yang Mikro adalah KUR Ritel Mandiri. Limit pinjaman dari KUR ini yaitu mulai dari Rp 25.000.000 hingga jumlah maksimalnya Rp 200.000.000 dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yaitu 4 tahun untuk tipe pinjaman kredit atau pembiayaan modal kerja dan 5 tahun untuk tipe pinjaman kredit atau pembiayaan investasi.
  3. KUR Penempatan TKI
    Pada kredit usaha rakyat yang satu ini memang memiliki kemiripan dengan jenis KUR Mikro, karena memiliki limit pinjaman maksimal mencapai Rp 25 juta rupiah dengan jangka waktu pengembalian kredit yaitu paling lama 3 tahun.
  4. KUR Khusus
    Kredit usaha rakyat Khusus Mandiri ini dibuat untuk kebutuhan pinjaman paling besar, karena nominal kredit mulai dari Rp 25.000.000 hingga Rp 500.000.000 yang biasa digunakan untuk membangun usaha skala besar. Nantinya kredit ini akan dibentuk menjadi beberapa kelompok agar bisa dikelola secara bersama-sama dengan menggunakan mitra usaha Bank Mandiri lainnya. Jangka waktu KUR Khusus yaitu memiliki tenor 4 tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja dan 5 tahun untuk kredit atau pembiayaan investasi.

Syarat KUR Mandiri

Syarat kredit usaha rakyat Mandiri yang harus dilengkapi oleh calon debitur bisa dikatakan hampir mirip dengan syarat pengajuan KUR BRI atau KUR BCA yang sudah disampaikan di website ini. Untuk lebih jelasnya mengenai daftar persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KUR Mandiri adalah sebagai berikut:

Syarat yang harus dipenuhi KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR Khusus:

  • Calon debitur tidak memiliki kredit atau hutang pinjaman
  • Calon penerima KUR Mikro dan KUR Ritel tidak sedang melakukan kredit atau pembiayaan pada penyalur KUR yang sama mulai dari kredit rumah, kendaraan bermotor, resi gudang, dan kartu kredit
  • Calon debitur tidak sedang mempunyai kredit program di luar KUR dan yang bersangkutan sudah melunasinya, sehingga diperlukan Surat Keterangan Lunas atau ROYA dengan syarat melampirkan rekening koran pada bank sebelumnya
  • Tidak masuk daftar hitam nasional Bilyet Giro Kosong atau biasa disebut dengan Penarik Cek
  • Calon debitur wajib berusia diatas 21 tahun dan sudah menikah
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan sudah berjalan lebih dari 6 bulan.

Syarat yang harus dipenuhi KUR Penempatan TKI:

  • Calon debitur berusia diatas 21 tahun dengan dibuktikannya melalui KTP atau akte kelahiran
  • Calon debitur tidak memiliki hutang atau kredit dan tidak masuk kedalam Bilyet Giro Kosong atau daftar hitam nasional penarik cek.
  • Mempunyai kontrak atau perjanjian kerja minimal 2 tahun yang ditempatkan oleh Pemerintah, PPTKIS, maupun TKI yang bekerja secara individu.

Berkas-berkas yang perlu disiapkan:

  • Fotocopy kartu keluarga
  • Memberikan Jaminan berupa aset seperti tanah dan bangunan atau BPKB
  • Fotocopy NPWP (pinjaman 25 juta keatas)
  • Memiliki pas photo suami istri dengan ukuran 4×6
  • Fotocopy surat cerai atau surat nikah
  • Melampirkan surat keterangan usaha atau surat surat izin usaha dari kelurahan
  • Fotocopy KTP suami & istri
  • PBB terakhir asli (jika jaminan sertifikat)
  • Surat keterangan harga tanah dari kelurahan
Kredit Usaha Rakyat Mandiri

Pengajuan KUR Mandiri

Supaya Anda bisa memperoleh pinjaman melalui program kredit usaha rakyat dari Bank Mandiri maka hal utama yang harus Anda siapkan saat mengajukan pinjaman adalah sebagai berikut:

  1. Harus menyiapkan terlebih dahulu dokumen sebagai syarat pengajuan kredit usaha atau KUR yang sudah disampaikan sebelumnya di artikel ini.
  2. Setelah itu calon debitur wajib mendatangi kantor bank mandiri dengan membawa seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Debitur diharapkan mengisi formulir pengajuan pinjaman yang diberikan oleh pihak bank mandiri dengan memasukkan data yang valid.
  4. Selanjutnya serahkan formulir tersebut ke pihak bank lalu tunggu beberapa saat hingga pihak melakukan survei ke rumah calon debitur.
  5. Bank mandiri sudah survei ke rumah debitur, maka calon debitur hanya perlu menunggu beberapa hari saja hingga terbit kabar bahwa pihak menyetujui pengajuan KUR yang anda ajukan. Namun jika tidak memperoleh kabar lebih lanjut dari pengajuan KUR anda, berarti pengajuan KUR Anda telah ditolak pihak bank.

Call Center Bank Mandiri

Apabila anda mempunyai pertanyaan seputar kredit usaha rakyat Mandiri dari tabel angsuran mandiri yang ada di atas artikel ini, silahkan bisa menanyakan lebih lanjut mulai dari skema cicilan, simulasi, syarat pengajuan, dan jangka waktu pengembalian. Lalu Pinjol.id sangat merekomendasikan Anda agar bisa kontak langsung dengan pihak Bank Mandiri melalui call center Bank Mandiri di bawah ini.

  • Email : [email protected]
  • Telepon : 14000
  • Website : https://www.bankmandiri.co.id/
  • Twitter : @mandiricare
  • Telegram : https://telegram.me/bankmandiricare

FAQ

Apa saja jenis KUR Mandiri?

KUR Mandiri saat ini hanya mempunyai 4 jenis kredit usaha rakyat yang bisa dipilih debitur sesuai dengan kebutuhan mulai dari KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI, dan KUR Khusus.

Berapa suku bunga KUR Mandiri?

Suku bunga KUR Mandiri yang paling baru di tahun 2021 saat ini sebesar 6% yang paling efektif pertahunnya dengan tenor yang berbeda-beda.

Berapa limit kredit KUR Mandiri?

  1. KUR Mikro memiliki pinjaman hingga Rp 25 juta rupiah.
  2. KUR Ritel mempunyai pinjaman mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 200 juta rupiah.
  3. KUR TKI mempunyai pinjaman maksimal mencapai Rp 25 juta rupiah.
  4. KUR Khusus mempunyai pinjaman mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta rupiah.

Apa saja syarat KUR Mandiri?

  • Fotocopy kartu keluarga
  • Memberikan Jaminan berupa aset seperti tanah dan bangunan atau BPKB
  • Fotocopy NPWP (pinjaman 25 juta keatas)
  • Memiliki pas photo suami istri dengan ukuran 4×6.
  • Fotocopy surat cerai atau surat nikah
  • Melampirkan surat keterangan usaha atau surat surat izin usaha dari kelurahan
  • PBB terakhir asli (jika jaminan sertifikat)
  • Fotocopy KTP suami & istri
  • Surat keterangan harga tanah dari kelurahan

Setelah Memahami tabel angsuran KUR Mandiri, silakan Anda bisa memilih tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yang paling sesuai. Untuk melakukan pengajuannya bisa langsung saja datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen maupun persyaratan yang dibutuhkan lainnya secara lengkap. Setelah itu pihak Bank Mandiri yang akan melakukan survey ke lokasi untuk dapat melakukan verifikasi pinjaman yang debitur ajukan. Barulah kemudian pinjaman itu diperoleh hasil apakah disetujui atau ditolak. Jika disetujui, maka debitur wajib membayar pinjamannya setiap bulan secara dicicil perbulan.

Tinggalkan komentar