KUR BRI

Penjelasan lengkap KUR BRI mulai dari bunga, tenor, limit pinjaman, tabel angsuran, serta syarat pengajuan dan jenis skemanya di bank. Kredit usaha rakyat dari bank BRI memberikan berbagai jenis pinjaman untuk usaha kecil dan menengah dari pemerintah. Pinjaman KUR BRI memiliki bunga yang rendah yaitu sekitar 6% hingga 7% pertahun. Globalisasi saat ini, setiap masyarakat lebih memilih professi dari pegawai menjadi seorang pebisnis ataupun pengusaha. Dikarenakan mayoritas para pebisnis ataupun pengusaha tak akan memiliki ikatan tertentu pada pihak lainnya. Selain itu usaha yang diciptakan juga mampu mendatangkan uang untuk membuat kaya raya dengan lebih cepat. Namun, tidak semua usaha yang dilakukan berjalan lancar dan tidak banyak juga yang akhirnya bangkrut dan memiliki banyak hutang. Sehingga bagi Anda yang baru pertama kali mengambil KUR BRI, wajib bagi Anda memahami resiko yang akan timbul di kemudian hari nya apabila anda telat membayar uang yang jatuh tempo. Walaupun terdengar sangat mudah, namun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan sudah menjalankan suatu bisnis. Karena tidak hanya modal saja yang harus dimiliki, dibutuhkan juga skill dan pengalaman yang lama agar dapat berhasil menjalankan suatu bisnis.

Pada artikel ini, Pinjol.id akan membahas lengkap mengenai KUR BRI mulai dari limit pinjaman, bunga pertahunnya, tabel angsuran, jenis pinjaman, syarat yang dibutuhkan, cara pengajuan, call center BRI, dan beberapa seputar pertanyaan yang mayoritas diajukan oleh calon debitur. Mayoritas calon debitur sangat memerlukan modal untuk menjalankan usaha kecil dan menengah atau UMKM. Usaha kredit rakyat merupakan meluncurkan program yang di buat dari pemerintah Indonesia sejak tahun 2017 sampai tahun 2021 sekarang. Tujuan KUR BRI yaitu memberikan akses kredit atau pinjaman atau inklusi keuangan untuk para pengusaha kecil dan menengah yang saat ini belum bisa melakukan kredit atau pinjaman ke beberapa bank.

Loading...

Pemerintah juga menerbitkan program UMKMK atau usaha mikro kecil menengah dan koperasi untuk menciptakan lapangan kerja dan penanggulangan kemiskinan di daerah usaha tersebut. Pemerintah telah menerbitkan beberapa paket kebijakan yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan sektor riil yang memberdayakan UMKMK. Sehingga dilakukannya peningkatan akses pada sumber biaya yang dikeluarkan untuk pinjaman kredit bagi UMKMK melalui kredit usaha rakyat. Kredit usaha rakyat atau KUR merupakan kredit atau pembiayaan pada suatu modal kerja atau investasi kepada calon debitur baik individu, kelompok usaha, dan badan usaha yang saat ini sedang produktif serta layak namun belum mempunyai agunan tambahan untuk melakukan ekspansi bisnis atau agunan tambahan tersebut belum cukup. Untuk para UMKM dan UMKMK, untuk melakukan pengajuan bisa langsung mengunjungi kantor cabang bank BRI terdekat.

Jenis KUR BRI

  • KUR Mikro

Kredit usaha rakyat Mikro Bank BRI merupakan KUR dengan pengajuan yang paling kecil apabila dibandingkan dengan model KUR BRI seperti KUR Kecil. Limit pinjaman dari KUR BRI adalah Rp 25.000.000 dengan tenor atau jangka waktu pengembalian yang berbeda-beda mulai dari 1 tahun hingga maksimal 3 tahun. Untuk jenis kredit modal kerja atau KMK memiliki tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman maksimal 3 tahun, sedangkan untuk jenis kredit investasi memiliki tenor atau jangka pengembalian pinjaman maksimal 5 tahun.

Loading...
  • KUR Kecil

Pada kredit usaha rakyat Bank BRI pada KUR Kecil merupakan pinjaman dengan nominal yang paling besar jika dibandingkan dengan jenis kredit lainnya. KUR Kecil BRI memiliki limit pinjaman mulai dari Rp 25.000.000 hingga mencapai Rp 500.000.000 dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yang berbeda-beda. Untuk jenis kredit modal kerja atau KMK memiliki tenor atau jangka waktu pengembalian maksimal 4 tahun, sedangkan untuk jenis kredit investasi memiliki tenor atau jangka pengembalian pinjaman maksimal 5 tahun.

  • KUR TKI

Pada kredit usaha rakyat BRI pada KUR TKI ini khusus untuk para tenaga kerja Indonesia yang hendak bekerja di luar negeri. KUR TKI yang diberikan oleh Bank BRI ini diberikan dengan jumlah maksimal pinjaman Rp 25.000.000 dengan waktu pengembalian pinjaman atau tenornya selama maksimal 3 tahun sesuai dengan kontrak perjanjian kerja.

Bunga KUR BRI

Keuntungan dari KUR BRI yaitu memiliki bunga yang rendah, yaitu berkisar 0,41% perbulannya atau sekitar 7% pertahunnya. Dari suku bunga yang ringan tersebut dan flat tiap bulannya, maka peminjam bisa melunasi pinjamannya dengan mudah pada tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yang sudah ditetapkan sebelumnya. Untuk pengusaha yang baru merintis memang tidak akan cocok jika memilih jenis KUR kecil, karena jumlahnya yang besar sehingga diwajibkan untuk pengusaha yang sudah lama merintis usahanya dan sudah terbukti profit selama lebih dari 6 bulan. Maka dari itu, lebih banyak yang mengajukan KUR jenis mikro dan TKI yang memiliki syarat lebih mudah dan nominal pinjaman yang lebih kecil.

Tabel Angsuran KUR BRI

Tabel Angsuran KUR Super Mikro – KUR MIKRO BANK BRI sebagai berikut:

KUR BRI
KUR BRI

Tabel Angsuran KUR Kecil atau KUR Ritel BANK BRI sebagai berikut:

KUR Bank BRI
KUR Bank BRI

Limit Pinjaman KUR BRI

  • KUR Super Mikro memiliki limit pinjaman mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 10.000.000, sangat cocok untuk membangun bisnis kecil-kecilan
  • KUR Mikro memiliki limit pinjaman mulai dari Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000 yang biasa dipakai para debitur untuk menjalankan usaha lebih besar dari sebelumnya atau biasa dikenal dengan ekspansi bisnis.
  • KUR Kecil memiliki limit pinjaman paling besar jika dibandingkan dengan jenis KUR BRI lainnya, yaitu mulai dari Rp 100.000.000 hingga Rp 500.000.000
  • KUR TKI memiliki persyaratan khusus tersendiri, sehingga limit pinjamannya kurang lebih sama seperti KUR Super Mikro dan KUR Mikro dimana memiliki limit pinjaman mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000 sesuai dengan kontrak kerja diluar negeri yang berlaku.

Syarat KUR BRI

  • KUR Mikro

KUR Super Mikro mempunyai limit pinjaman hingga Rp 10.000.000, sedangkan KUR Mikro memiliki jumlah pinjaman hingga Rp 50.000.000 dengan beberapa syarat yang harus dipersiapkan saat mau mengajukan pinjaman ke Bank BRI sebagai berikut:

  1. Individu (perorangan) yang saat ini sedang melakukan usaha, dimana usahanya sudah produktif dan layak
  2. Usaha yang dijalankan minimal sudah berusia selama 6 bulan dan aktif terus usahanya
  3. Sedang tidak menggunakan pinjaman atau kredit usaha rakyat dari perbankan lainnya, kecuali beberapa kredit seperti KKB, KPR, dan Kartu Kredit.
  4. Beberapa dokumen yang harus disiapkan meliputi KTP, kartu keluarga, dan surat ijin usaha setempat
  • KUR Kecil atau RItel
  1. Sudah mempunyai usaha yang produktif dan layak untuk dipinjami pinjaman sebagai langkah ekspansi bisnis
  2. Sedang tidak menggunakan kredit dari perbankan lainnya, kecuali KKB, KPR, dan kartu kredit.
  3. Usaha yang dijalankan sudah berjalan minimal 6 bulan dan memiliki pendapatan yang tetap
  4. Mempunyai surat ijin usaha lainnya seperti surat ijin usaha mikro dan kecil (IUMK) dan lain sebagainya
  • KUR TKI
  1. Individu / perorangan yang hendak menjadi tenaga kerja Indonesia atau TKI di luar negeri
  2. Persyaratan administrasi:
    • Kartu keluarga dan KTP
    • Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
    • Paspor dan Visa
    • Perjanjian penempatan
    • Persyaratan lainnya sesuai ketentuan

Pengajuan KUR BRI

Jika Anda hendak mengajukan program kredit usaha rakyat di Bank BRI, maka hal penting yang perlu disiapkan saat hendak mengajukan pinjaman adalah sebagai berikut:

  1. Pilih terlebih dahulu jenis KUR yang sesuai dengan kebutuhan Anda, setelah itu siapkan semua dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengajuan kredit usaha rakyat atau KUR.
  2. Selanjutnya silakan Anda langsung pergi ke kantor Bank BRI terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Setelah itu, silakan isi semua formulir pengajuan pinjaman yang telah diberikan oleh pihak Bank BRI dengan benar.
  4. Kemudian serahkan formulir tersebut ke pihak Bank BRI lalu silakan Anda tunggu beberapa saat hingga ada pihak dari Bank BRI yang melakukan survei ke rumah Anda.
  5. Jika pihak Bank BRI sudah melakukan survei ke rumah Anda, maka silakan tunggu beberapa hari sampai pengajuan pinjaman Anda berhasil atau ditolak. Jika tidak ada kabar lebih lanjut maka pengajuan KUR BRI Anda ditolak, namun jika Anda sudah langsung dikirim uangnya berarti pengajuan kredit usaha rakyat di Bank BRI telah berhasil diterima.

Call Center Bank BRI

Telepon: 14017

Email: [email protected]

Website: https://kur.bri.co.id/

Twitter: @BANKBRI_ID

FAQ

Apa saja jenis KUR BRI?

KUR BRI saat ini ada 4 jenis, yaitu mulai dari KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR kecil atau KUR Ritel, dan KUR TKI yang khusus untuk para tenaga kerja Indonesia yang hendak keluar negeri.

Berapa suku bunga KUR BRI?

Suku bunga KUR BRI DI Tahun 2021 saat ini sebesar 6% hingga 7% pertahunnya dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yang berbeda-beda.

Berapa limit kredit KUR BRI?

  • KUR Super Mikro memiliki limit kredit mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 10.000.000
  • KUR Mikro mempunyai limit kredit mulai dari Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000
  • KUR Kecil atau KUR Ritel memiliki limit kredit dengan jumlah yang besar yaitu mulai dari Rp 100.000.000 hingga Rp 500.000.000
  • KUR TKI memiliki limit kredit mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 50.000.000 sesuai dengan berapa lama kontrak kerja sebagai TKI di luar negeri yang berlaku.

Apa saja syarat KUR BRI?

  • Fotocopy KTP suami dan istri.
  • Fotocopy kartu keluarga atau KK.
  • Fotocopy NPWP (khusus untuk pinjaman diatas Rp 25.000.000.
  • Fotocopy surat nikah atau surat cerai.
  • Pas photo suami istri dengan ukuran 4×6.
  • Memberikan Jaminan berupa aset, seperti contohnya BPKB ataupun sertifikat tanah/bangunan.
  • PBB terakhir asli (apabila jaminannya sertifikat).
  • Surat keterangan harga tanah dari kelurahan setempat.

Apabila Anda sudah memahami betul mengenai tabel angsuran KUR BRI, silakan Anda mulai tentukan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman yang sesuai. Sehingga di usahakan tidak gagal bayar atau sudah dibayar lunas ketika tenor sudah habis, karena jika tidak maka akan dikenakan denda dan bunga tambahan yang akan berjalan terus setiap bulannya. Maka dari itu, bijaklah Anda dalam menggunakan dana pinjaman kredit usaha rakyat ini agar bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu. Sama halnya dengan KUR Mandiri yang juga menyediakan kredit usaha rakyat, apabila tidak mengembalikan pinjamannya tepat waktu maka tentu saja akan dikenakan denda. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa pinjaman yang Anda lakukan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profitabilitas usaha atau bisnis Anda saat ini.

Tinggalkan komentar