Pinjaman Online Syariah

Inilah pinjol atau pinjaman syariah online dengan mekanisme bagi hasil secara halal dan tanpa bunga riba yang sudah terdaftar di OJK resmi. Ketika mendengar istilah pinjaman online syariah, pasti yang terlintas di pikiran Anda pinjaman online yang menerapkan prinsip-prinsip syariah, bukan? Benar, pinjol yang demikian ini berbasis pada pedoman syariah dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Memang sedikit berbeda dengan pinjaman online konvensional. Secara umum, prinsip syariah menitikberatkan pada penghilangan unsur riba. Sebab, riba dalam Islam adalah hal yang tidak halal. Karena itu, sama halnya termasuk dalam bisnis haram bagi pinjaman online syariah jika tetap menerapkan sistem riba.

Loading...

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan riba, bukan? Benar, riba sekilas memang tampak ibarat bunga. Analoginya, tidak boleh ada bunga untuk uang kredit atau pinjaman dari kreditur kepada debitur. Manakala dalam pelunasannya debitur harus membayarkan bunga dengan besaran tertentu, maka hal ini yang tidak boleh. Lalu, bagaimana kegiatan usaha pada pinjaman online syariah berjalan?

Pinjaman online syariah sama sekali tidak menerapkan sistem riba. Dalam implementasi kegiatan usahanya, hampir sama dengan bank syariah yang lebih menekankan pada pemberian modal kepada debitur untuk kemudian melakukan bagi hasil. Yang terjadi antara kreditur yang berperan sebagai pemberi modal, dengan debitur sebagai orang yang menerima modal untuk usaha.

Loading...

Pinjaman online syariah ini merupakan inovasi dari perbankan syariah supaya Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman secara cepat. Selain itu, dengan kredit online syariah, Anda bisa mengajukannya kapanpun tanpa terbatas ruang. Lalu, apa saja penyedia kredit syariah online yang memang recommended? Daftar lengkapnya, sekaligus dengan penjelasannya bisa Anda temukan pada bagian selanjutnya.

Daftar 20 Aplikasi Pinjaman Online Syariah

Apakah Anda sedang mencari penyedia pinjaman online syariah yang 100% halal tanpa riba? Apabila iya, maka Anda akan menemukan jawabannya pada bagian di bawah ini. Langsung saja, yuk cek daftarnya.

1. Danakoo

Pinjaman Online Syariah Terbaik

Apabila Anda membutuhkan dana segera untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang muncul secara tiba-tiba, maka bisa langsung saja mengajukan pinjaman melalui platform fintech ini. Limit yang bisa kamu peroleh pun tergolong cukup, mulai dari Rp500 ribu sampai Rp50 juta. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

2. Dana Syariah

Pinjol Syariah Terbaik

Pinjaman online syariah satu ini menawarkan pinjaman syariah tanpa riba khusus pada bidang properti. Misalnya, untuk uang muka pembelian rumah, renovasi rumah, serta yang lainnya. Karena titik fokusnya yang demikian, maka apabila Anda membutuhkan pinjaman selain untuk properti, tidak bisa menggunakan platform ini.

3. Duha Syariah

Pinjaman Online Syariah Terbaru

Berbasis android, Anda menjadi tidak perlu mendatangi kantor cabang bank untuk mencairkan pinjaman dari platform ini. Yang mana akses terhadap kredit adalah 24 jam, sehingga tanpa terbatas waktu dan ruang, Anda dapat mencairkan pinjaman. Selain untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, fintech P2P lending ini juga bisa Anda pakai untuk kebutuhan pembiayaan umroh dan wisata halal.

4. Ethis Indonesia

Pinjol Syariah Terbaru

Jika Anda memerlukan dana untuk pengembangan properti atau perumahan, maka platform ini adalah pilihan yang tepat. Melalui pembiayaan sedemikian rupa, Anda menjadi bisa memperoleh modal dengan cepat, aman, dan mudah.

5. Bsalam

Pinjaman Online Syariah OJK

Bsalam, pinjaman online syariah yang terkemuka. Berada pada naungan PT. Maslahat Indonesia MAndiri, platform fintech P2P lending ini telah mengantongi izin resmi dari OJK. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data pribadi. Yang mana pendirian fintech ini bertujuan untuk mempertemukan investor dengan pihak penyelenggara ibadah umroh yang sedang memerlukan pinjaman online.

6. Qazwa

Pinjol Syariah OJK

Qazwa sebagai platform penyedia kredit online syariah berperan sebagai platform untuk mempertemukan antara investor dengan pihak yang sedang membutuhkan dana. Yang mana fokus utama pembiayaan pada fintech P2P lending ini adalah kegiatan usaha UMKM. Mengenai bidang usaha, tidak terbatas, dengan kata lain bisa untuk segala jenis usaha. Misalnya, bidang perdagangan, perkebunan, produksi, dan lainnya.

7. Kapital Boost Indonesia

Pinjaman Online Syariah Langsung Cair

Sama dengan namanya, pinjaman online ini bisa melakukan boost terhadap keuangan Anda dengan menawarkan pinjaman cepat, aman, sekaligus praktis. Persyaratan wajib yang harus Anda penuhi pun tergolong mudah, sehingga jika Anda memerlukan dana untuk mengembangkan usaha, bisa langsung saja dengan menggunakan Kapital Boost Indonesia. Limit yang bisa Anda cairkan mencapai Rp2 miliar. Karenanya, cocok sekali untuk Anda yang menekuni usaha prospektif.

8. Alami Sharia

Pinjol Syariah Langsung Cair

Untuk Anda yang merupakan pemilik usaha bisnis, baik itu CV, PT, yayasan, dan lain-lain, dapat menggunakan platform Alami Sharia untuk modal pengembangan usaha. Akan tetapi, sampai saat ini, pinjaman Alami Sharia bisa digunakan hanya khusus untuk Anda yang berdomisili pada wilayah Jabodetabek saja. Namun, tidak menutup kemungkinan akan terjadi perluasan pinjaman platform ini.

9. Papitupi Syariah

Pinjaman Online Syariah Cepat Cair

Papitupi Syariah mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Pinjol berbasis syariah ini menawarkan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, seperti pembelian barang atau jasa tertentu. Karena itu, Anda bisa menggunakan platform ini manakala menemui kebutuhan dengan intensitas tinggi, tetapi belum ada biaya yang cukup untuk memenuhinya. Dengan persyaratan yang praktis, pinjaman bisa segera cair.

10. BPRS Al Salaam

Pinjaman online syariah ini berperan sebagai jembatan untuk mempertemukan pihak pemodal atau pendana dengan penerima pinjaman syariah atau debitur. Yang mana perjanjian pada fintech ini berdasarkan prinsip syariah, khususnya Murabahah dan Ijarah. Karena itu, bagi Anda yang ingin berlaku sebagai pendana maupun penerima dana, bisa menggunakan pinjaman online satu ini yang bergerak tanpa riba.

11. Fintek Syariah

Pinjol Syariah Tanpa KTP

Tanpa perlu menunggu 24 jam, Anda sudah dapat mencairkan pinjaman dari platform ini. Persyaratannya pun tidak sulit. Karenanya, bisa sebagai alternatif solusi yang pas bagi Anda yang memerlukan dana segera untuk memenuhi kebutuhan mendesak misalnya.

12. Ammana

Pinjaman Online Syariah Terpercaya

Bagi Anda pelaku UMKM yang memerlukan modal usaha untuk merintis maupun mengembankan usaha, maka pinjaman online syariah Ammana merupakan platform yang tepat. Yang mana sistem yang ada dalam fintech P2P ini adalah crowdfunding dengan cara melakukan program pendanaan bersama. Adapun imbal hasil yang bisa kamu peroleh dari pendanaan menggunakan platform ini mencapai 24% per tahunnya.

13. Investree

Pinjol Syariah Tanpa BI Checking

Investree termasuk ke dalam deretan penyedia pinjaman online komersial yang terkemuka dalam masyarakat. Cukup dengan mengisi data dalam laman web resmi milik Investree, Anda bisa mengajukan pinjaman secara cepat. Yang mana pinjaman online pada platform ini berbasis konvensional dan syariah.

14. Syarfi

Pinjol Syariah Tanpa Agunan

Syarfi merilis dua produk pembiayaan, yakni pembiayaan untuk usaha serta pembiayaan sosial. Pembiayaan usaha merupakan program pinjaman untuk debitur yang memerlukan pembiayaan dengan menggunakan akad syariah berbasis bagi hasil. Kemudian, terkait pembiayaan sosial, bertujuan untuk memberikan bantuan dana kepada calon debitur yang memerlukan bantuan biaya untuk merintis sebuah bisnis atau juga bisa untuk calon peminjam yang ingin melakukan pelunasan utang akibat riba. Yang mana seluruh mekanismenya berpedoman pada akad syariah.

15. Reliance Syariah

Pinjaman Online Syariah Tanpa Agunan

Pinjaman online syariah Reliance Syariah menawarkan pendanaan dengan cepat untuk usaha Anda tanpa mengandung unsur riba. Hal ini menjadikan Anda tidak perlu menanggung bunga. Karenanya, jauh lebih ringan, bukan? Apabila Anda memerlukan pinjaman yang cepat cair, maka bisa menggunakan platform penyedia pinjol syariah ini.

16. MJASA SYARIAH

Pinjaman Online Syariah Bunga Rendah

MJASA SYARIAH sebagai platform penyedia pinjol syariah menawarkan limit kredit hingga Rp15 juta. Tanpa ada unsur bunga, Anda bisa melunasi cicilan tanpa takut bunga membengkak. Yang mana waktu tenor atau pelunasannya bisa mencapai 5 tahun atau 60 bulan.

17. BSMitra Mobile

Pinjaman Online Tanpa Syarat

Anda dapat mencairkan limit pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai Rp250 juta melalui platform ini. Yang mana jatuh tempo pelunasannya mulai dari 3 tahun, 5 tahun, hingga 10 tahun. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan pendanaan dengan kapasitas melunasi cicilan.

18. SyarQ

Pinjol Syariah Tanpa Syarat

SyarQ menawarkan kepada Anda pembiayaan pembelian barang tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Melalui platform ini, Anda bisa membeli barang terlebih dahulu, kemudian mencicilnya pada bulan berikutnya. Apabila Anda sangat memerlukan barang tersebut, maka menjadi tidak perlu takut kehabisan, karena bisa membelinya segera.

19. Pegadaian Syariah

Pinjol Syariah Terpercaya

Jika Anda memerlukan dana cepat, maka dapat segera mengajukannya melalui Pegadaian Syariah. Tanpa perlu proses lama, pinjaman bisa cari segera. Anda pun dapat memperoleh pinjaman dengan cepat tanpa takut beban bunga pada tagihan.

20. BNI Syariah

Pinjaman Online Syariah Tanpa Bunga

Pembiayaan yang ada dalam platform ini terbebas dari unsur riba dengan menekankan pada prinsip bagi hasil. Karena itu, Anda tidak akan terberatkan dengan bunga. Persyaratan untuk mencairkan pinjaman pada fintech ini pun termasuk tidak sulit. Proses pencairannya juga cepat, sehingga bisa menjadi alternatif solusi pendanaan untuk Anda.

Pinjaman Syariah Online Langsung Cair

Saat mengajukan kredit kepada pinjaman online syariah, pasti Anda ingin cepat cair, bukan?Tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena secara garis besar, proses validasi kredit pada pinjol akan lebih cepat daripada saat Anda mengajukannya langsung dengan mendatangi kantor cabang bank. Tanpa perlu waktu lama, mungkin sekitar beberapa jam, Anda bisa menemui persetujuan kredit berupa konfirmasi apakah pihak kreditur menyetujui atau justru tidak.

Kemudian, setelah persetujuan terjadi, maka Anda akan berhadapan dengan proses pencairan. Umumnya, pencairan ini terjadi dengan cara pihak penyedia pinjaman akan mentransfer nominal limit pinjaman sesuai dengan yang telah mendapat persetujuan ke nomor rekening pribadi Anda. Setelah itu, Anda tinggal mencairkannya melalui ATM atau teller bank dengan tarik tunai. Dalam menggunakan pinjaman online syariah, memang bisa cepat cair daripada kredit pada bank syariah pada umumnya.

Akan tetapi, tidak semua penyedia pinjaman syariah bisa memproses kredit secara cepat. Karena itu, apabila Anda memerlukan dana segera dari pinjaman online syariah, maka sebaiknya mencari penyedia kredit yang memang mampu mencairkan pinjaman tanpa perlu waktu yang lama.

Dalam hal ini, berarti Anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dari penyedia pinjol yang bersangkutan. Yang juga penting, perlu diingat apabila pinjol syariah tidak membebankan bunga kepada debitur. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut terhadap tagihan bunga yang bisa membengkak dan menumpuk.

Pinjaman Online Syariah
Pinjaman Online Syariah

Pakai Pinjaman Online Syariah, Anti Riba

Aspek utama yang membedakan pinjaman online syariah dengan pinjaman online konvensional adalah pengenaan bunga. Yang mana bunga bisa berarti riba, karena berupa penambahan tagihan utang dari yang seharusnya. Biasanya, pinjaman online konvensional membebankan bunga terhadap kreditur untuk pinjamannya. Bahkan, persentase pembebanan bunga pada tagihan bisa melangit.

Terlebih, jika penyedia pinjaman online yang bersangkutan tidak berstatus sebagai pinjol legal. Maka, bisa berpotensi untuk mengenakan bunga dengan persentase yang sangat tinggi. Misalnya, 24% per bulan. Rasanya tidak rasional apabila pembebanan bunga sangat besar sedemikian rupa. Karena itu, Anda tidak perlu pusing memikirkan mengenai beban bunga pada pinjaman online syariah.

Akan tetapi, jangan sampai Anda langsung percaya kepada penyedia kredit online syariah hanya karena iklan promosi menarik. Sebab, tidak jarang ada oknum yang berdalih sebagai penyedia kredit berbasis syariah, tetapi ternyata tujuannya hanya untuk mengambil keuntungan dari debitur. Yang mana hal ini bisa berujung pada kerugian bagi si yang berhutang atau pihak debitur.

Sebagai contoh, karena syarat utama untuk mengajukan pinjaman online secara umum, yakni KTP, maka Anda harus mengunggahnya pada platform penyedia pinjol. Jika ternyata oknum penyedia pinjol tersebut abal-abal serta tidak berstatus terdaftar dalam OJK, bisa berpotensi terjadi penyalahgunaan data pribadi yang telah Anda kirimkan.

Berawal dari KTP, bisa berujung pada hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Misalnya, pencurian rumah karena oknum pelaku yang bersangkutan telah mengetahui domisili Anda, penculikan yang berkedok pemerasan, penyadapan untuk mengambil alih aset Anda, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, supaya hal yang demikian tidak terjadi, maka Anda harus memastikan bahwa penyedia pinjol yang akan Anda gunakan berstatus legal dengan mengantongi izin resmi dari OJK.

Jangan Lupa untuk Memastikan Legalitas Penyedia Pinjaman Online Syariah

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya, data pribadi yang telah Anda sebarkan kepada oknum penyedia pinjol abal-abal bisa menjadi senjata makan tuan. Dalam artian, bisa merugikan Anda sendiri. Berdasarkan hal tersebut, supaya tidak terjadi hal tersebut, alangkah baiknya untuk mencegah sejak awal.

Dengan cara, Anda harus memastikan bahwa pinjaman online syariah yang akan Anda pakai 100% legal. Dalam hal ini, berarti pinjaman online legal tersebut telah memperoleh izin resmi dari OJK. Dengan adanya izin resmi ini, maka Anda bisa lebih aman dalam melakukan hubungan pinjam meminjam di dalamnya. Yang telah terdaftar dan berstatus legal, tentunya telah memenuhi seluruh kriteria dari OJK.

Berbeda jika penyedia pinjol yang bersangkutan belum terdaftar atau ilegal, maka akan sangat berbahaya untuk Anda sendiri. Misalnya, bisa saja pinjaman online ilegal akan membebankan bunga dengan persentase sangat tinggi. Kemudian, bisa pula dengan menawarkan limit besar, tetapi tenor atau jangka waktu pelunasannya pendek, padahal bunganya besar. Terlihat tidak rasional, bukan? Komponen sedemikian ini justru dapat merugikan Anda sebagai debitur.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui pula, bahwa manakala Anda sudah terlanjur terjerat pada pinjaman online syariah ilegal, maka bukan berarti Anda terbebas dari kewajiban membayar utang. Meskipun perjanjian utang piutang yang ada batal demi hukum karena status penyedia pinjol ilegal, bukan berarti Anda bisa untuk tidak membayar tagihan yang ada. Melainkan, harus tetap melunasi semuanya.

Jadi, berdasarkan paparan yang telah disampaikan, maka sebelum terlanjur, sebaiknya Anda memastikan secara betul apakah penyedia pinjaman online syariah yang akan Anda gunakan legal dan aman. Jika terdapat catatan buruk yang melekat pada penyedia pinjol tersebut, maka segera untuk tinggalkan. Jangan sampai Anda sudah tau ilegal, tetapi tetap menggunakannya.

Tinggalkan komentar