Pinjaman Online Legal

Inilah 20 daftar aplikasi pinjaman online atau pinjol legal dan terbaru tahun 2021 yang resmi terdaftar dan di awasi otoritas jasa keuangan. Pinjaman online legal merupakan solusi ketika Anda membutuhkan uang dengan proses pencairan cepat namun aman secara hukum. Bertajuk sebagai pinjaman yang legal, tentunya telah mempunyai izin resmi dari OJK. Karenanya, seluruh kegiatan usaha kredit pada penyedia pinjol yang bersangkutan berada di bawah pengawasan OJK. Anda menjadi bisa bertransaksi secara aman. Sebab, rawan sekali terhadap berbagai risiko manakala pinjaman online yang bersangkutan tidak berstatus legal.

Risiko pertama yang mungkin Anda hadapi, yakni pengenaan bunga tinggi. Yang mana terkadang ada pinjol abal-abal, bukan pinjaman online legal, yang menetapkan bunga selangit. Dengan kata lain, tidak rasional, sehingga berpotensi menjadikan tagihan yang harus Anda lunasi per bulannya membengkak. Kondisi seperti ini akn berdampak negatif pada finansial Anda. Bukan tidak mungkin gaji Anda per bulan akan lenyap dalam sekejap, karena banyaknya tagihan yang harus lunas.

Loading...

Selain itu, yang juga sering terjadi, memang ada yang menawarkan limit kredit dengan nominal besar. Akan tetapi, jangka waktu pelunasan dari pinjaman itu terkadang cukup cepat. Karenanya, apabila Anda tidak mempersiapkan uang dengan tepat, boleh jadi akan merasa berat. Yang lebih parah, bunga bisa semakin bertambah manakala Anda tidak melunasi tagihan segera. Apalagi setelah lewat jatuh tempo.

Oleh karena itu, memang bukan keharusan, tetapi alangkah baiknya untuk Anda menggunakan pinjaman online legal untuk meningkatkan keamanan. Pinjol yang demikian ini pasti telah memenuhi seluruh kriteria sebagai pinjaman online langsung cair yang layak, sehingga bisa mendapat izin resmi dari OJK. Berdasarkan hal tersebut, lalu apa saja pinjaman online legal? Mengenai penjelasannya, bisa Anda temukan pada bagian selanjutnya.

Loading...

20 Daftar Pinjaman Online Legal

Tidak semua aplikasi pinjaman online bisa memperoleh status legal. Sebab, tidak seluruh pinjol telah terdaftar dalam OJK. Adapun daftar pinjaman online legal serta penjelasannya akan dijelaskan secara rinci pada bagian selanjutnya.

1. KIMO

Pinjaman Online Legal Terpercaya

KIMO sebagai fintech P2P lending yang legal, telah memperoleh izin resmi dari OJK. Yang mana suku bunga dalam pijol ini tergolong rendah, juga tidak ada biaya tersembunyi, karena semua biaya bersifat transparan. Kemudian, proses pengajuan sampai pencairannya pun cepat, sehingga Anda bisa memperoleh dana tanpa waktu lama.

2. TOKO MODAL

Pinjaman Online Legal OJK

Dengan slogan sebagai sahabat usaha mikro untuk rakyat, TOKO MODAL mampu merealisasikannya. Pendanaan dalam platform ini pun terjangkau, mulai dari Rp300 ribu Anda telah dapat memperoleh imbal hasil dengan persentase menarik. Kemudian, fintech ini pun melakukan pengendalian risiko secara valid dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan kendali penuh untuk menentukan debitur sejalan dengan kriteria yang telah Anda tetapkan.

3. Akseleran

Pinjaman Online Legal Langsung Cair

Akseleran, pinjaman online legal dengan proses mudah dan cepat. Konsep pinjam meminjam secara online yang ada dalam fintech ini tidak memerlukan mekanisme yang sulit. Untuk total pinjamannya, Anda bisa mulai mengajukan kredit dari Rp100 ribu. Yang juga menarik, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencairkan pinjaman, sehingga bisa lebih hemat. Karena sifatnya yang online, Anda pun bisa mengajukan pinjaman dimanapun kapanpun 24 jam tanpa terbatas waktu.

4. Ammana.id

Pinjaman Online Legal Syariah

Fintech P2P lending ini menawarkan imbalan hasil dengan persentase menarik, mencapai 21,6% untuk setiap tahunya. Yang mana platform penyedia pinjaman online satu ini pun selalu mengutamakan keamanan serta kenyamanan dalam kegiatan usahanya. Program pembiayaan yang bisa Anda gunakan pun beragam. Termasuk juga pembiayaan haji.

5. Amartha

Pinjaman Online Legal Cepat Cair

Pinjaman online legal Amartha menghadirkan pinjaman yang bisa cair secara cepat. Anda bisa mencicil dalam jangka waktu mingguan untuk melunasi kredit. Fintech ini pun akan memperhatikan kapasitas Anda sebagai debitur. Dengan limit yang tergolong besar, pinjol ini sangat tepat untuk Anda yang memerlukan dana untuk modal usaha atau pengembangan usaha.

6. MEKAR

Pinjaman Online Legal 24 Jam

Dengan adanya perlindungan ganda, Anda bisa menggunakan pinjaman online MEKAR secara aman. Suku bunga di dalamnya pun proporsional. Karenanya, kredit online ini cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan pengembangan bisnis UMKM. Bahkan, Anda pun berkesempatan untuk menerima asuransi kredit untuk proteksi ekstra.

7. AdaKami

Pinjaman Online Legal Tanpa Jaminan

AdaKami menawarkan pinjaman online legal yang aman dan cepat, sekaligus terpercaya. Seluruh proses yang ada berbasis online, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapanpun. Cukup menggunakan smartphone, pinjaman dana bisa cair ke rekening Anda. Setelah Anda mengajukan pinjaman, tanpa menunggu lama, Anda akan memperoleh pemberitahuan persetujuan. Yang juga tidak kalah pentingnya, keamanan data pribadi Anda terjamin, sehingga tidak perlu takut mengenai kebocoran data yang sifatnya sangat privasi ini.

8. ESTA KAPITAL

Pinjaman Online Legal Tanpa Slip Gaji

Melalui ESTA KAPITAL, Anda dapat mengajukan pinjaman online secara mudah. Dengan mengantongi izin resmi dari OJK, fintech P2P lending ini bisa Anda gunakan secara aman. Selain itu, prosesnya pun mudah. Anda bisa mengajukan pinjaman dimanapun kapanpun selama 24 jam tanpa batas waktu.

9. CROWDO

Pinjaman Online Legal Tanpa BI Checking

Dengan pinjaman online legal CROWDO, Anda bisa memperoleh pendanaan untuk pengembangan bisnis UMKM. Persyaratan yang harus Anda siapkan untuk mengajukan pinjaman dari platform fintech P2P lending satu ini pun tidak rumit. Untuk proses pengajuan kredit, Anda bisa mengakses website resmi CROWDO. Yang menarik pula, pinjaman online ini telah mempunyai kantor cabang tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Singapura dan Malaysia. Karenanya, Anda tidak perlu ragu mengenai keamanan kredit online melalui platform ini.

10. Taralite

Pinjaman Online Legal Tanpa Agunan

Taralite hadir untuk membantu Anda dalam hal pembiayaan usaha. Melalui platform fintech ini, Anda bisa mengajukan pinjaman online OJK terpercaya untuk mengembangkan usaha. Sebab, limit kredit yang bisa Anda terima tergolong besar. Persyaratannya pun tidak sulit. Terlebih, jangka waktu pelunasannya juga cukup lama. Karenanya, bisa Anda pakai sebagai alternatif sumber modal bisnis.

11. ALAMI

Pinjol Legal Syariah

Pinjaman online legal ALAMI merupakan fintech P2P lending yang telah terdaftar secara resmi pada OJK. Penyedia pinjol ini termasuk ke dalam pinjol syariah yang cepat cair. Pemilihan ALAMI sebagai sumber pendanaan Anda tepat, mengingat adanya jaminan keamanan sistem, sekaligus juga imbalan jasa yang kompetitif. Selain itu, platform ini pun memberikan pendanaan yang berkualitas dengan penilaian serta analisis risiko yang terintegrasi melalui teknologi mutakhir.

12. AwanTunai

Pinjol Legal OJK

AwanTunai merupakan platform penyedia pinjaman online dengan persyaratan yang mudah. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memperoleh limit kredit dengan nominal yang besar. Yang juga menarik, beban bunga untuk pinjamannya pun tergolong kecil. Karena itu, Anda dapat menerima pinjaman dengan praktis tanpa perlu pusing mengenai pelunasannya.

13. Singa

Pinjol Legal Resmi

Kredit yang Anda ajukan akan diproses segera dalam platform fintech P2P lending ini. Bunga pinjamannya pun tidak besar. Lalum terkait keamanan dan transparansi kredit, kamu tidak perlu ragu. Sebab, Singa telah menjamin hal tersebut. Lalu, terkait data, kamu tidak perlu khawatir, karena tidak akan terjadi jual beli data pribadi pada platform ini.

14. DANAMERDEKA

Pinjol Legal Langsung Cair

Layanan pinjaman dana secara online DANAMERDEKA bisa menjadi alternatif solusi untuk Anda yang memerlukan dana segera, terutama untuk modal bisnis. Dikembangkan oleh PT. Intekno Raya, Anda bisa melakukan kegiatan kredit secara praktis. Apalagi dengan adanya izin dari OJK untuk platform ini, sehingga Anda bisa melaksanakan pinjaman online secara aman.

15. Invoila

Pinjol Legal Pribadi

Pinjaman online legal Invoila menawarkan Anda kemudahan kredit secara online. Dengan pengenaan suku bunga terjangkau, Anda tidak perlu khawatir terhadap tagihan setiap bulannya. Adapun suku bunga pada platform ini berkisar antara 1% sampai 2,5% pada setiap bulannya. Selain itu, Anda pun tidak perlu takut mengenai adanya biaya tersembunyi, karena terjamin 100% tidak ada biaya tersembunyi. Selanjutnya, karena mulai proses registrasi sampai pencarian berbasis online, maka Anda bisa mengajukan pinjaman kapanpun, cukup melalui smartphone. Mengenai limit kredit, Anda bisa memperolehnya mulai dari Rp10 juta.

16. iGrow

Pinjol Legal Tanpa Jaminan

Apakah Anda pernah mendengar nama platform pinjaman online yang satu ini? Benar, iGrow menawarkan pembiayaan bagi hasil secara mudah. Yang mana Anda bisa menyediakan modal untuk kemudian melakukan pembiayaan bagi hasil. Karenanya, meskipun Anda tidak mempunyai lahan serta skill bertani, Anda bisa menyalurkan dana sebagai pembiayaan. Pemilihan iGrow tepat sekali untuk Anda yang ingin mengikuti program bagi hasil. Sebab, bagi hasil yang diusut sangat menguntungkan.

17. GRADANA

Pinjol Legal Limit Besar

Melalui GRADANA, Anda bisa mencairkan pinjaman dengan cepat untuk mencukupi berbagai kebutuhan. Terutama untuk Anda yang sedang membutuhkan pembiayaan terkait kebutuhan properti. Pinjol satu ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan dana sebagai uang muka, pembelian sekaligus penyewaan properti, renovasi, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan properti. Prosesnya pun praktis, Anda hanya perlu mengunggah dokumen persyaratan secara online, kemudian menunggu persetujuan, sampai proses pencairan dana.

18. PINJAM GAMPANG

Pinjol Legal Terbaru

PINJAM GAMPANG sebagai pinjaman online legal menawarkan limit kredit mulai dari Rp600 ribu sampai Rp1 juta. Bagi Anda yang memerlukan biaya instan untuk kebutuhan mendesak yang datang secara tiba-tiba, maka platform penyedia pinjol yang satu ini bisa menjadi alternatif solusi yang tepat. Terlebih, tenor pelunasannya pun cukup lama, yakni 70 hari. Karenanya, Anda dapat mempersiapkan dana pengembalian secara matang tanpa perlu terburu-buru.

19. TaniFund

Pinjol Legal Tanpa Bunga

Senada dengan namanya, platform Fintech P2P lending TaniFund bisa Anda pakai untuk melakukan pembiayaan sekaligus mengajukan pinjaman untuk aspek-aspek yang berhubungan dengan pertanian. Mulai dari modal kecil sampai besar, semua bisa Anda peroleh melalui pinjol ini. Selain itu, Anda pun akan menjumpai bagi hasil dengan perhitungan berdasarkan asas keadilan. Lalu, keamanan dari program pendanaan platform ini pun terjamin, sehingga Anda tidak perlu ragu.

20. danaIN

Pinjaman Online Legal Baru

Proses pendanaan dalam danaIN tidak sulit. Cukup 3 langkah krusial, Anda bisa memperoleh dana pinjaman, yakni dengan registrasi, verifikasi, kemudian aktivasi. Sejak Juni 2018, terhitung telah ada 24.252 total pendana dalam platform ini dengan jumlah pendanaan yang tersalurkan mencapai 1,10 T. Konsep P2P dalam platform ini akan memberikan Anda rasa aman.

Prosedur Mengajukan Pinjaman Online Legal

Pada umumnya, prosedur pengajuan pinjaman pada seluruh pinjaman online legal tidak berbeda. Secara garis besar, prosedurnya bermula dari pengunduhan aplikasi penyedia pinjaman online yang bersangkutan. Dalam hal ini, Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi mobile dari penyedia pinjol. Kembali lagi perlu Anda ingat, sebaiknya menggunakan pinjaman online yang telah mempunyai izin resmi.

Bertajuk sebagai pinjaman online, maka Anda tidak perlu datang ke kantor cabang dari fintech peer to peer lending tersebut. Cukup melalui smartphone, Anda bisa menyelesaikan pengajuan kredit hingga pencairan. Setelah aplikasi terunduh, biasanya Anda harus melakukan registrasi atau pendaftaran akun. Pada proses ini, Anda wajib mengisi data dengan valid. Kemudian, usai Anda mempunyai akun pada aplikasi pinjol, maka Anda bisa mulai untuk mengajukan pinjaman.

Biasanya syarat yang wajib dalam mengajukan pinjaman secara online adalah KTP. Namun, tidak sedikit pula fintech P2P lending yang mensyaratkan kepada calon debiturnya dengan persyaratan tambahan. Misalnya, harus berusia minimal 21 tahun, berstatus sebagai WNI, dan memiliki pekerjaan tetap. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pada pinjol.

Artinya, sebagai kreditur, maka akan berbahaya apabila tidak memastikan itikad baik dari calon debitur. Apalagi dengan sistem online, bukan tidak mungkin si debitur akan melarikan diri dari tanggung jawabkan. Karenanya, si debitur harus bisa bertanggung jawab penuh untuk mengajukan kredit. Akan tetapi, persyaratan pada pinjaman online legal cenderung lebih sederhana daripada ketika Anda ingin mengajukan pinjaman pada bank. Yang juga menjadi kelebihan pinjol, Anda tidak perlu menyiapkan agunan untuk memperoleh kredit.

Setelah Anda mengajukan pinjaman, langkah selanjutnya yakni dengan menunggu persetujuan dari kredit atau dari pihak fintech P2P lending yang bersangkutan. Mengenai jangka waktu validasi, cenderung lebih cepat dari bank. Bahkan, biasanya tidak sampai 1 hari, pinjaman Anda berhasil mendapatkan persetujuan. Lalu, Anda hanya perlu menuju ke proses pencairan melalui rekening bank pribadi.

Pinjaman Online Legal
Pinjaman Online Legal

Tips Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online Legal

Dalam menggunakan pinjaman online legal, terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Yang mana tips ini bertujuan untuk membantu Anda supaya bisa semakin aman dalam mengajukan kredit secara online. Apa saja tips yang bisa Anda pakai?

Pertama, sebaiknya Anda benar-benar memastikan bahwa penyedia pinjaman online yang bersangkutan 100% legal. Bukti dari legalitasnya adalah adanya izin resmi dari OJK. Manakala ternyata penyedia pinjol atau fintech P2P lending yang akan Anda gunakan tidak terdaftar pada OJK, maka alangkah baiknya untuk mencari penyedia kredit online lainnya yang telah terdaftar. Sebab, dengan legalitas ini, bisa menjamin keamanan pinjaman online, sehingga Anda bisa melakukan hubungan hukum berupa utang piutang secara aman.

Selanjutnya, Anda pun harus menelisik mengenai besaran bunga yang ada. Jika Anda menjumpai pinjol dengan bunga yang sangat tinggi, maka sebaiknya jangan menggunakannya. Pasalnya, bunga bisa berlipat. Apalagi jika Anda telat bayar. Mungkin, sekilas terlihat Anda bisa menanggung semuanya. Namun, fluktuatifnya kondisi finansial Anda tidak dapat diperkirakan. Risiko utama yang paling mungkin, yakni Anda akan merasa berat dengan bunga yang menyebabkan total utang pokok meningkat berkali lipat.

Berikutnya, jangan lupa untuk memperhatikan limit kredit dengan jatuh tempo pelunasannya. Jika Anda membutuhkan dana untuk modal usaha, maka sebaiknya memilih penyedia pinjol yang bisa memberikan limit pinjaman dengan jumlah yang besar, sekaligus waktu pelunasan yang panjang. Misalnya, limit Rp10 juta dengan tenor pelunasan 36 bulan. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan uang dari pinjaman online legal secara maksimal untuk memulai usaha serta mengembangkannya. Yang mana apabila dikelola secara efektif, bukan tidak mungkin setelah 36 bulan sebagai jatuh tempo pelunasan, uang pinjaman Anda akan kembali dengan jumlah berkali lipat lebih banyak. Sebab, prinsip dari kegiatan usaha atau bisnis adalah untuk mencari keuntungan. Melalui strategi yang tepat, keuntungan bisa terealisasi.

Selalu Waspada Sebelum Menyerahkan Data

Saat Anda akan menggunakan pinjaman online, maka Anda memiliki kewajiban untuk menyerahkan data pribadi. Dalam hal ini, data pribadi yang harus Anda lampirkan adalah KTP. Sebelum melakukan pengunggahan KTP sebagai persyaratan pada aplikasi penyedia pinjol, Anda harus melihat dengan seksama apakah pinjol tersebut telah terjamin 100% kredibel yang tercermin melalui statusnya sebagai pinjaman online legal.

Sebab, di era modern yang sedemikian rupa, sangat rawan terhadap pencurian data pribadi. Yang mana berawal dari pencurian data ini, bisa berujung pada berbagai tindak pidana yang merugikan pemilik data pribadi yang bersangkutan. Risiko seperti ini mungkin terjadi apabila Anda menyerahkan data pribadi secara sembarangan.

Pasalnya, bisa saja ada fintech yang berdalih menawarkan pinjaman online dengan limit besar, waktu pelunasan lama, persyaratan yang mudah, serta bunga rendah, tetapi ternyata tidak bertanggung jawab. Dengan kata lain, oknum penyedia pinjol abal-abal tersebut bisa melancarkan aksi dengan melakukan tindak pidana dengan berawal dari menyediakan pinjaman. Karena itu, yang harus Anda pilih adalah pinjaman online legal. Jangan sampai tertipu dengan promosi yang tidak asli, yang ternyata hanya menjerumuskan.

Tinggalkan komentar