Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah

Debt collector pinjaman online datang ke rumah, benarkah? Barangkali, hal tersebut yang Anda tanyakan saat berhadapan dengan tagihan pinjol. Biasanya, Anda akan didatangi jika tagihan tersebut yang telah lewat dari jatuh tempo. Seperti yang diketahui, seorang debitur yang atas kesadarannya sendiri melakukan utang piutang, maka konsekuensinya adalah debitur tersebut harus membayar sampai lunas seluruh tagihannya.

Kemudian, apakah benar debt collector pinjaman online datang ke rumah? Bagaimana cara menghadapinya? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan dalam penjelasan yang terdapat pada bagian berikutnya.

Loading...

Apakah Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah?

Jika Anda menanyakan mengenai apakah debt collector pinjaman online datang ke rumah, maka jawabannya adalah bisa saja. Manakala ternyata utang sudah jatuh tempo dan pihak debitur tak kunjung juga membayar, maka besar kemungkinannya pihak debt collector akan datang ke rumah Anda.

Tujuan dari pihak debt collector adalah satu, yakni menagih debitur pinjaman online untuk segera membayar tagihan utangnya. Akan tetapi, dalam hal ini tentunya Anda harus memastikan pula identitas dari debt collector yang bersangkutan. Apabila memang ternyata valid dengan serangkaian bukti, misalnya ID card karyawan, surat perintah penagihan utang, dan lainnya, maka Anda tidak bisa menyalahkan debt collector tersebut.

Loading...

Namun, jika ternyata debt collector datang sebelum waktu jatuh tempo pengembalian datang, serta tidak membawa identitas yang jelas, maka Anda berhak untuk menolaknya. Sebab, bisa jadi oknum yang mengaku sebagai debt collector tersebut tidak bertanggung jawab. Daripada Anda harus masuk dalam jurang penipuan, alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati.

Selanjutnya, barangkali Anda masih menanyakan hal-hal lain terkait debt collector pinjaman online datang ke rumah. Mengenai hal tersebut, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, telah terdapat rangkuman pertanyaan serta jawabannya pada bagian di bawah ini:

# Apakah Semua Fintech Menggunakan Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah?

Sebetulnya, tidak semua fintech menggunakan debt collector untuk mendatangi rumah Anda. Namun, hampir seluruh pinjol yang ada, menerapkan sistem tersebut, baik status pinjol tersebut legal maupun ilegal. Untuk fintech legal, sebagian besar juga menggunakan pihak debt collector untuk menagih utang Anda.

Yang mana tujuan dari kedatangan pihak debt collector tersebut adalah untuk menagih kepada Anda atas tagihan utan yang harus terbayar. Apalagi karena telah jatuh tempo, tentunya sudah menjadi kewajiban Anda untuk segera melunasi tagihan yang ada. Oleh karena itu, kesimpulannya adalah umumnya semua fintech P2P lending memberikan perintah kepada pihak debt collector guna melakukan penagihan utang sesuai dengan SOP.

# Kapankah Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah Debitur?

Debt collector akan datang ke rumah manakala Anda sebagai debitur telat bayar maupun gagal bayar. Yang mana hal ini menunjukkan apabila Anda belum menunaikan kewajiban membayar. Padahal telah jatuh tempo, tetapi Anda belum melunasi tagihan utang. Pihak kreditur tentunya ingin menerima haknya dengan memperoleh pelunasan dari Anda, yang biasanya melalui jasa debt collector.

Karenanya, apabila Anda tidak ingin untuk berhadapan dengan debt collector, maka sebaiknya melunasi tagihan sebelum waktu jatuh tempo datang. Dengan demikian, tidak akan terdapat penagihan utang sampai ke rumah.

# Apa Debt Collector Pinjaman Online Bisa Menemukan Alamat Debitur?

Pihak debt collector bisa menemukan alamat Anda, karena alamat tersebut terdapat dalam identitas Anda sebagai syarat pengajuan pinjaman online. Selama Anda tidak pindah dari tempat tinggal tersebut, maka akan mudah bagi debt collector untuk menemukan rumah Anda. Jadi, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan pinjol secara sembarangan supaya utang tidak mengejar Anda, debt collector pinjaman online datang ke rumah pun tidak akan terjadi.

# Apakah Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah Tersebut Merupakan Karyawan dari Fintech?

Mengenai apakah debt collector yang datang ke rumah itu karyawan dari pihak fintech atau tidak, sebetulnya tidak terdapat pedoman resmi. Sebab, bisa saja memang karyawan dari pinjol, tetapi dapat pula pihak ketiga yang diutus untuk menjadi debt collector.

Pada intinya, tugas pihak penagih adalah satu, yakni untuk melakukan penagihan utang kepada Anda atas utang yang belum terlunasi, padahal waktu pengembalian telah lewat. Dalam implementasinya, sebagai profesi, maka debt collector pun terikat dengan SOP pekerjaan.

Maka dari itu, saat Anda menggunakan pinjaman online legal, pihak debt collector yang akan menagih cenderung bertindak senada dengan prosedur. Berbeda manakala Anda memakai pinjol ilegal, kemungkinan besar terdapat paksaan yang intimidatif dari pihak debt collector yang bersangkutan.

Haruskah Membayar Pinjaman Online Ilegal?

Mungkin, Anda pernah mendengar apabila kredit online dalam pinjol ilegal tidak perlu dibayar. Hal demikian ini tidaklah benar. Sebab, hubungan hukum utang piutang bersifat mengikat masing-masing pihak, termasuk Anda sebagai debitur. Baik debitur maupun kreditur, mempunyai hak dan kewajiban masing-masing dalam ranah utang piutang.

Karenanya, sebagai debitur yang telah dengan sadar mengajukan pinjaman hingga akhirnya bisa memperoleh pencairan, maka Anda wajib untuk melunasi tagihan. Sekalipun pinjaman online yang Anda pakai berstatus ilegal, bukan berarti utang Anda menjadi hapus, kemudian tidak perlu membayar tagihan. Anda tetap berkewajiban untuk membayar semua tagihan yang ada. Pasalnya, dengan menerima pencairan, maka secara otomatis Anda telah menyetujui seluruh ketentuan yang ada.

Jika debt collector pinjaman online datang ke rumah, yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan terlebih dahulu terkait identitas dari pihak penagih tersebut apakah benar-benar dari fintech P2P lending yang Anda gunakan. Bukan berarti pihak debt collector selalu akan bertindak kasar, karena mereka terikat dengan SOP. Manakala seorang debt collector justru melayangkan intimidasi dengan tujuan lain hingga berujung pada tindak kriminal, maka hal ini tidak bisa Anda biarkan. Sebab, penganiayaan sudah termasuk dalam tindak pidana kejahatan.

Pinjol Apa Saja yang Menggunakan Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah?

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ulasan mengenai apa saja fintech P2P lending sekaligus cara penagihannya. Anda bisa menyimpulkan apakah pinjol berikut menerapkan debt collector pinjaman online datang ke rumah atau tidak. Pasalnya, secara umum seluruh penyedia pinjol menerapkan mekanisme sedemikian. Apalagi dalam platform yang mempunyai banyak kredit macet. Jika semua tagihan lancar, tentu debt collector tidak akan mendatangi rumah debitur.

Perlu diingat, bahwa beberapa fintech P2P lending berikut hanya sebagian. Masih banyak platform lain yang juga menerapkan mekanisme datangnya penagih ke rumah debitur, bahkan hampir semuanya. Tanpa perlu lama, yuk simak selengkapnya:

1. Kredivo

Siapa yang tidak kenal dengan Kredivo? Sebuah platform pinjol terkemuka yang telah terjamin status legalitasnya dengan terdaftar dan terawasi sepenuhnya oleh OJK. Bunga pinjaman dalam kredit online yang tersedia pada platform ini tergolong rendah, yakni sebesar 2,6% per bulannya. Melalui pengenaan bunga yang termasuk kecil ini, seharusnya para debitur tidak mengalami gagal bayar. Adapun mekanisme penagihan pinjaman dalam platform ini yaitu melalui SMS serta email. Namun, apabila ternyata pihak debitur masih juga belum membayar tagihan, bukan tidak mungkin akan terdapat pihak debt collector datang ke rumah.

2. Akulaku

Selanjutnya, yakni Akulaku. Bunga pinjaman pada fintech ini pun relatif rendah, yaitu kurang dari 5%. Secara garis besar, seluruh fintech P2P lending yang berstatus legal dan telah terdaftar dalam asosiasi fintek lending, tidak akan menerapkan bunga yang mencekik. Sebab, ketentuan pembebanan bunga pinjaman maksimal per bulannya adalah 24%. Kemudian, dengan bunga yang sedemikian rupa, seharusnya para debitur membayar tepat waktu. Jika terlambat bayar maupun gagal bayar, nantinya pihak Akulaku akan melakukan penagihan melalui telepon serta push notification.

3. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat? Ya, penyedia pinjaman online yang menghadirkan kredit online secara cepat. Bunga untuk pinjamannya mencapai 22% per bulan. Karena bunga yang relatif tinggi ini, terkadang banyak debitur atau peminjam yang terlambat membayar tagihan per bulannya. Hal demikian yang kemudian mengharuskan pihak kreditur melakukan penagihan secara tegas. Mekanisme penagihan pinjaman pada platform ini memakai sistem penagihan melalui telepon secara langsung dengan pihak debitur.

Apabila Anda termasuk debitur yang mungkin terlambat membayar tagihan tersebut, sebaiknya Anda menyiapkan diri sepenuhnya. Jangan takut dengan nada penagihan, hadapi dengan tenang dan jawaban yang tepat.

4. UangMe

Manakala Anda memerlukan pinjaman secara cepat, maka platform UangMe bisa menolong Anda untuk mewujudkannya. Saat Anda sedang membutuhkan bantuan finansial, maka bisa langsung saja memanfaatkan platform ini. Bunga kreditnya relatif tinggi, yakni sebesar 9,6% per bulan. Karena ketentuan bunganya ini, terkadang banyak debitur yang terlambat membayar. Jika hal demikian terjadi, maka pihak UangMe akan melakukan penagihan melalui telepon. Supaya Anda tidak sampai menerima telepon penagihan, maka sebaiknya membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Cara Negosiasi Dengan Debt Collector Pinjaman Online

Seluruh pinjaman online berpotensi untuk menerapkan sistem debt collector pinjaman online datang ke rumah. Apalagi jika terdapat pihak debitur yang lalai terhadap utangnya. Dalam artian, lari dari tanggung jawab untuk melunasi tagihan. Apabila hal ini terjadi, debt collector datang ke rumahAnda sebagai debitur yang belum membayar tagihan padahal telah jatuh tempo, maka apa yang harus Anda lakukan? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan guna menghadapi debt collector pinjol:

1. Memperlihatkan Iktikad Baik

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi debt collector pinjaman online datang ke rumah adalah dengan menunjukkan iktikad baik. Karena telah terikat hubungan hukum utang piutang, maka masing-masing pihak harus menunaikan hak dan kewajibannya, baik itu kreditur maupun debitur. Sebagai debitur, Anda mempunyai kewajiban untuk melunasi seluruh tagihan utang. Apabila Anda tidak membayar setelah tanggal jatuh tempo pinjaman, maka pihak kreditur mempunyai hak untuk melakukan penagihan atas piutangnya.

Manakala Anda ternyata benar-benar dalam kondisi finansial yang kurang baik, maka sebaiknya Anda memperlihatkan iktikad baik yang menunjukkan jika Anda akan melunasi seluruh tagihan. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari gugatan wanprestasi. Adapun upaya yang bisa Anda lakukan untuk memperlihatkan iktikad baik ini, seperti bernegosiasi untuk penjadwalan ulang pinjaman, khususnya jatuh tempo pinjaman. Kemudian, bisa pula dengan mengajukan persyaratan kembali serta penataan kembali terkait utang piutang.

2. Tidak Lari dari Masalah

Seluruh pinjaman online, baik yang telah terdaftar dalam OJK maupun belum, berkemungkinan besar untuk mengarahkan debt collector guna menagih pinjaman dengan berbagai metode selaras dengan ketentuan yang ada. Akan tetapi, menghadapi hal tersebut, alangkah baiknya untuk tidak resah, apalagi menghindar.

Ketika debt collector pinjaman online datang ke rumah, maka Anda bisa mencari celah dari perjanjian utang piutang yang telah tersetujui. Jika Anda memerlukan bantuan supaya dapat memahami perjanjian tersebut, Anda dapat menghubungi advokat agar bisa memahami setiap pasal yang terdapat dalam perjanjian utang piutang Anda dengan kreditur.

3. Menghindari Aplikasi Pinjaman Online Lainnya

Kemudian, yang juga penting adalah dengan menahan diri untuk tidak menggunakan fintech P2P lending lainnya. Pasalnya, seringkali banyak debitur pengguna pinjol yang melaksanakan gali lubang tutup lubang, yang melunasi pinjaman pada platform A, tetapi mengajukan pinjaman lain pada  platform B.

Hal tersebut bisa membuat Anda terus tersangkut dalam pinjaman online tanpa ada batasnya. Bahkan, bisa saja semakin berat. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk menerima debt collector pinjaman online datang ke rumah berkali-kali. Jadi, yuk lebih bijak dalam mengelola finansial rumah tangga.

4. Berkonsultasi Dengan Ahli

Manakala Anda sudah merasa terganggu dengan penagihan debt collector pinjaman online datang ke rumah, maka langkah paling tepat adalah untuk berkonsultasi dengan ahli yang berkompeten. Seorang konsultan akan membantu Anda dalam mencari solusi terkait kredit online Anda. Dengan demikian, Anda juga bisa terhindar dari stress serta rasa tertekan karena harus menghadapi tagihan yang tak kunjung usai.

5. Bayar Manakala Anda Mempunyai Dana yang Cukup

Jika Anda mempunyai dana yang cukup untuk membayar, maka sebaiknya segera untuk melunasi pinjaman. Sebab, apabila tidak, maka bisa membuat Anda terlilit utang yang lebih besar, karena terdapat bunga yang harus Anda bayar pula. Dalam membayar tagihan, sebaiknya Anda tidak melalui debt collector pinjaman online datang ke rumah, tetapi menggunakan metode pembayaran sesuai dengan ketentuan yang ada.

Akan lebih baik lagi jika Anda segera melakukan transfer tagihan kepada pihak pinjaman online dihadapan pihak debt collector yang sedang menagih utang.

6. Jelaskan Alasan yang Logis Mengapa Anda Belum Bisa Melunasi Tagihan

Apabila Anda merasa belum bisa melunasi tagihan saat itu juga, maka sebaiknya jelaskan dengan alasan yang logis, seperti akan membayar dalam beberapa hari ke depan. Hal ini bisa menjadi cara negosiasi yang tepat untuk Anda menghadapi pihak debt collector yang mungkin mengerikan serta tidak sabaran.

7. Bersikap Kooperatif

Selanjutnya, sebagai debitur yang harus melunasi seluruh tagihan, maka Anda harus bersifat kooperatif. Sebaiknya, Anda tidak memaki-maki pihak debt collector, karena mereka bekerja sesuai dengan prosedur. Pasalnya, tagihan tetap menjadi kewajiban Anda yang harus terlunasi.

Sampai Kapan Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah?

Yang menjadi pertanyaan Anda berikutnya mungkin mengenai sampai kapan pihak debt collector pinjaman online datang ke rumah. Sejatinya, tidak bisa menggeneralisasi sampai kapan tagihan akan dilakukan. Akan tetapi, kemungkinan besar, pihak penagih akan terus menagih sampai Anda membayar. Karena itu, supaya Anda tidak terus mengalami penagihan, sebaiknya segera membayar.

Bagaimana jika memang tidak ada uang yang cukup untuk membayar? Anda bisa menggunakan kredit lunak dari lembaga penyedia kredit, bisa pula menggunakan kredit tanpa bunga untuk segera melunasi tagihan agar tidak lagi menjumpai debt collector yang menagih utang pinjaman online.

Tinggalkan komentar