cek angsuran kpr btn online

Cek Angsuran KPR BTN

Untuk melakukan cek angsuran KPR BTN secara online memang terdapat beberapa versi yang berbeda – beda. Bagi seorang nasabah baru Bank BTN, yang khususnya menggunakan layanan jasa KPR BTN, hal ini mungkin akan sangat berguna. Karena proses ini sebenarnya bisa Anda lakukan dengan cukup mudah menggunakan metode yang praktis.

Apabila Anda adalah salah satu dari pemilik angsuran rumah yang memanfaatkan KPR dari Bank BTN, pastinya ada kalanya saat Anda ingin mengetahui nominal angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya. Apalagi kebanyakan dari cara pembayaran KPR BTN menggunakan debet otomatis, sehingga Anda terkadang lupa atau tidak mengetahui sisa angsuran serta nominal tagihan yang mereka tarik.

Cara konvensional yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendatangi kantor Bank BTN terdekat secara langsung dan menanyakannya kepada petugas customer service yang ada tentang status kredit Anda. Namun tentu cara ini tidak praktis dan sangat menyita waktu Anda. 

Ada cara modern yang lebih efisien dalam melakukan pengecekan tagihan, dan Anda pun hanya membutuhkan ponsel Anda untuk melakukannya. Cara – cara ini juga bisa Anda lakukan secara online, kapanpun dan dimanapun Anda berada. 

Cara Cek Angsuran KPR BTN secara Online

Sebelum memulai, yang perlu Anda pastikan adalah persiapan koneksi internet serta smartphone untuk mengakses cara – cara di bawah ini. Sebenarnya Anda juga bisa melakukan beberapa cara di bawah menggunakan PC atau laptop, asal bisa menyesuaikan dengan tampilannya saja.

Cek Angsuran KPR BTN Online Melalui Alamat Email

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengecek tagihan KPR BTN adalah dengan memanfaatkan customer service mereka melalui email. Caranya juga cukup mudah, namun mungkin akan membutuhkan beberapa waktu bagi mereka untuk menerima email pemberitahuan untuk Anda.

Alamat email ini harus sudah Anda daftarkan saat sedang mengisi formulir pembukaan rekening Bank BTN Anda di awal. Gunanya adalah untuk menerima pemberian update secara otomatis mengenai informasi tagihan yang Anda miliki. Namun, apabila Anda salah atau tidak mengingat bahwa sudah mengisi email saat melakukan pendaftaran, Anda bisa juga datang ke kantor BTN untuk melakukan penambahan alamat email yang sesuai.

Dengan begitu, secara otomatis Anda akan mendapatkan pemberitahuan rutin tentang status tagihan angsuran KPR BTN Anda. Tidak perlu repot melakukan hal lain, Anda tinggal membuka email di smartphone Anda dan search “KPR BTN”, maka email akan tersortir hanya mengenai informasi tentang KPR BTN saja.

Anda tinggal rutin cek email Anda untuk update status serta cek angsuran KPR BTN Anda secara online. Tidak hanya angsuran, pada email juga akan ada pemberitahuan mengenai tenor dan sisa angsuran, serta peringatan jika ada pembayaran yang telat maupun gagal. Jangan sampai hal itu terlewat karena bisa jadi Anda akan terkena denda.

Baca Juga: Cara Cek Angsuran BCA Finance

Cek Angsuran KPR BTN Online Melalui Aplikasi Tokopedia

Cara kedua yang tidak kalah praktis adalah melakukan cek tagihan angsuran menggunakan aplikasi Tokopedia. Aplikasi ini memang tidak hanya terbatas untuk kita bisa melakukan transaksi jual beli secara online, tapi tagihan angsuran Anda juga bisa Anda akses dan bayar melalui aplikasi ini secara online.

Sebelum menggunakan cara ini pastikan dulu bahwa Anda memiliki aplikasinya. Silahkan lakukan pengunduhan aplikasi ini pada Playstore maupun Appstore. Setelah itu pastikan juga Anda mendaftarkan akun Anda menggunakan nomor HP dan email yang sesuai.

Apabila hal tersebut sudah Anda lakukan, maka Anda dapat melanjutkan dengan langkah – langkah yang ada pada ulasan berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Tokopedia pada HP Anda.
  2. Setelah itu Anda bisa memilih opsi yang “Top Up & Tagihan“.
  3. Lalu, pilih opsi “Angsuran Kredit“.
  4. Setelah itu akan muncul pada layar semua pilihan penyedia layanan, disini silahkan cari dan klik “BTN“.
  5. Kemudian pada kolom yang telah mereka sediakan, silahkan ketikkan nomor kontrak kredit Anda dan nomor rekening BTN debitur.
  6. Lalu, klik “Cek Tagihan“.
  7. Kemudian pada layar akan tertera informasi detail mengenai tagihan Anda, termasuk juga sisa angsuran, serta denda jika memang ada.
  8. Pada aplikasi Tokopedia Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan, cukup klik tombol “Bayar“ dan lakukan sesuai petunjuk aplikasi.

Cek Angsuran KPR BTN Online Melalui Mobile Banking BTN

Sisa angsuran KPR BTN juga bisa Anda cek menggunakan aplikasi mobile banking dari BTN. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan pada Playstore, Namun untuk proses pendaftarannya memang harus Anda lakukan melalui CS Bank BTN saat melakukan pembukaan rekening. 

Apabila belum, Anda cukup mendatangi cabang Bank BTN terdekat dan melakukan install aplikasi mobile banking BTN untuk rekening Anda. Jika sudah maka langkah selanjutnya akan sangat mudah. Cukup ikuti panduan kami yang ada di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan ponsel Anda memiliki jaringan internet.
  2. Lalu silahkan buka aplikasi Mobile Banking BTN.
  3. Lakukan Login akun menggunakan data yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  4. Setelah berhasil masuk, pada menu utama, klik pilihan “Pembayaran“.
  5. Lalu klik “Pembayaran Pinjaman“.
  6. Kemudian, Anda tinggal mengetikkan nomor rekening pinjaman sesuai seperti nomor kontrak KPR yang Anda miliki.
  7. Lalu cek kembali apakah nomor kontrak KPR yang Anda masukkan memang benar.
  8. Setelah itu klik “Kirim”.
  9. Maka secara otomatis akan muncul jumlah tagihan KPR BTN Anda.
  10. Untuk melakukan pembayaran, Anda hanya cukup memasukkan nomor PIN.
  11. Kemudian tekan “Kirim”.
  12. Jika pembayaran sudah berhasil, akan muncul informasi mengenai sisa angsuran beserta nominal tagihan selanjutnya.

Baca Juga: Cek Angsuran FIF

Cara Cek Angsuran KPR BTN secara Offline

Memang mungkin pada beberapa kesempatan Anda tidak bisa selalu mendapatkan akses internet. Sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan cek tagihan secara online. Namun tidak perlu khawatir karena cek tagihan KPR BTN tetap bisa Anda lakukan secara offline tanpa harus mendatangi kantor cabang Bank BTN.

Cek Angsuran KPR BTN dengan Panggilan Telepon

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan cek angsuran KPR BTN. Produk KPR BTN memang sudah menyiapkan layanan Call Center bagi pengguna produk – produk Bank BTN. Anda bisa menghubungi mereka melalui panggilan telepon.

Namun perlu Anda garis bawahi jika pulsa telepon yang Anda lakukan akan sepenuhnya Anda tanggung. Jadi sebelum melakukan panggilan telepon silahkan persiapkan pulsa yang cukup.

  1. Buka fitur telepon pada ponsel yang Anda miliki.
  2. Kemudian lakukan panggilan pada nomor (021) 1500286.
  3. Lalu penjawab otomatis akan memberikan petunjuk, ketikkan angka 2 pada ponsel untuk memilih informasi seputar KPR.
  4. Langkah selanjutnya ketikkan angka 5.
  5. Lalu ketikkan nomor rekening Bank BTN yang Anda daftarkan untuk melakukan KPR.
  6. Kemudian ketikkan angka 1.
  7. Maka Anda tinggal menunggu sampai customer service membagikan informasi terkait angsuran KPR BTN Anda.

Baca Juga: Cek Angsuran Dipo Star Finance

Cek Angsuran KPR BTN Melalui Mesin ATM BTN

Untuk melakukan cek tanpa harus datang ke cabang Bank BTN adalah dengan memanfaatkan fitur pada mesin ATM BTN. Cara yang harus Anda ikuti adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, datangi mesin ATM Bank BTN di sekitar Anda.
  2. Lalu masukkan kartu ATM Anda.
  3. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan sesuai dengan Bahasa Indonesia.
  4. Lalu ketikkan nomor PIN Kartu ATM BTN Anda.
  5. Pada menu utama, klik “Transaksi lainnya”.
  6. Kemudian klik “Pembayaran”.
  7. Selanjutnya klik “Tabungan”.
  8. Lalu klik “KPR”.
  9. Lalu akan tampil 3 menu. Silahkan klik yang “Informasi KPR”.
  10. Lalu Anda harus memasukkan nomor kontrak KPR BTN Anda pada kolom yang mereka sediakan.
  11. Lalu klik “Tekan Jika Benar”.
  12. Maka selanjutnya secara otomatis akan muncul informasi KPR Anda. Mulai dari nominal tagihan, sisa angsuran, denda, dll.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara online yang bisa Anda lakukan untuk melakukan cek angsuran KPR BTN yang Anda miliki. Apabila memang terpaksa, Anda bisa juga melakukan cara offline yang telah kami jelaskan di atas.

Semoga informasi tersebut bisa menjadi panduan agar Anda tidak mengalami kesalahan dan keterlambatan dalam pembayaran tagihan angsuran KPR BTN Anda.

Tia

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cek Angsuran KPR BTN yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait

1 Comment

  1. […] Baca Juga: Cek Angsuran KPR BTN […]

Leave a Comment