Pinjaman Online Pemerintah

Pinjaman online pemerintah saat ini menjadi salah satu yang terpercaya di kalangan masyarakat. Sebab marak aplikasi pinjaman online yang bersifat ilegal dan mencari keuntungan sebanyak mungkin dari peminjam. Salah satu upaya dari pemerintah untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan mengeluarkan aplikasi pinjaman yang resmi dan aman serta tanpa agunan. Sehingga diharapkan masyarakat bisa terbantu dengan adanya aplikasi pinjaman online yang aman. Pinjaman milik pemerintah ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara cepat dan luas. Pinjaman dalam bentuk online saat ini telah menjadi salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapat kan dana untuk keperluan yang mendesak. Untuk waktu pengajuan pinjaman ini juga bisa kapan saja dan di mana saja.

Baru-baru ini pemerintah menawarkan pinjaman online tanpa agunan dan jaminan apapun dan secara resmi dikeluarkan dari pemerintah. Hanya dengan menyiapkan KTP dan identitas pribadi untuk verifikasinya. Pinjaman dari pemerintah ini bisa diajukan melalui aplikasi LinkAja.

Apa itu Aplikasi LinkAja ?

LinkAja merupakan merupakan aplikasi pinjaman yang bisa langsung kita download melalui Play Store atau Apple Store. LinkAja masuk ke dalam daftar aplikasi pinjaman milik pemerintah, tepatnya perusahaan yang memiliki saham atas nama BUMN. Proses pemberian pinjaman berlangsung tanpa agunan dan sangat cepat prosesnya. Pengajuan pinjaman melalui aplikasi ini juga bisa berlangsung kapan saja dan di mana saja. Syarat pengajuan yang dimiliki oleh aplikasi ini sangat simple karena kita hanya cukup mengisi keterangan melalui HP dengan langsung memilih besar nominal uang yang ingin kamu pinjam.

Aplikasi LinkAja pertama kali muncul pada 22 Februari 2019, dan berawal perubahan TCash Telkomsel menjadi LinkAja. LinkAja dibentuk oleh Telkomsel bersama dengan BUMN yang lain, seperti Bank Mandiri, BTN, BRI, Pertamina, Danareksa, dan Jiwasraya. Aplikasi ini dijuluki dengan dompet digital UMKM.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja ?

Kita juga perlu menyiapkan KTP dan data pribadi lainnya untuk memverifikasi pengajuan pinjaman. Layanan pinjam online dari LinkAja juga secara langsung telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK). LinkAja telah bekerja sama dengan empat pihak pinjaman online dalam menyediakan layanan pinjaman yang mudah dan praktis. Pihak yang bekerja sama yaitu UKU, Pegadaian, Kredit Pintar, dan Mandiri Utama Finance.

Panduan Menggunakan Aplikasi LinkAja Untuk Pinjaman Online

  • Download aplikasi LinkAja melalui Google Play Store ataupun Apple Store.
  • Sign In apabila belum memiliki akun, Log In apabila sudah memiliki akun dan masukan username dan password.
  • Klik fitur “lainnya” yang ada pada halaman utama LinkAja.
  • Kemudian, klik fitur “pinjaman” pada aplikasi LinkAja. Akan muncul tampilan tiga pihak yang bekerja sama sebagai penyedia pinjaman online. Lalu pilihlah salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Selanjutnya, klik menu “UKU” untuk pengajuan pinjaman aplikasi tanpa agunan. Klik opsi “setuju” pada tampilan laman yang telah muncul untuk memulai pengajuan utang pinjaman pada aplikasi.
  • Akan muncul tampilan laman jumlah maksimal dan minimal pinjaman yang bisa Anda terima, durasi pengembalian pinjaman, dan rincian seluruh dana beserta biaya admin yang akan Anda terima.
  • Selanjutnya, klik “ajukan sekarang” kemudian mengisi bagian identitas pribadi, KTP, rekening bank tujuan, informasi pekerjaan, dan nomor pribadi.
  • Setelah mengirimkan data yang persyaratan, pinjaman Anda kemudian pemrosesan oleh tim UKU dan selambat-lambatnya 2 x 24 jam.
  • Apabila pinjaman telah diterima maka Anda akan menerima selambat-lambatnya 1 x 24 jam, namun apabila tertolak maka Anda bisa mengajukan kembali dalam waktu setelah 30 hari.

Mengenal Partner Resmi Pinjaman Online LinkAja

1. Mandiri Utama Finance

Mandiri Utama Finance merupakan salah satu perusahaan finance milik pemerintah BUMN. Saat ini mandiri menjadi salah satu perusahaan milik BUMN yang terbesar di Indonesia. Tujuan utama dari adanya pinjaman MUF yaitu untuk meningkatkan volume nasabah serta adanya pembiayaan yang signifikan. MUF menyediakan pinjaman hingga 50 juta rupiah.

2. UKU

UKU merupakan penyedia pinjaman cepat tanpa agunan untuk masyarakat. Aplikasi berasal dari PT Teknologi Merlin Sejahtera yang ada sejak tahun 2017. Hanya memerlukan verifikasi diri menggunakan KTP, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman di aplikasi ini dengan pengajuan dana hingga 5 juta rupiah dengan jumlah tenor maksimal 180 hari. Proses masuknya dana setelah verifikasi juga cepat. UKU merupakan salah satu platform pinjaman online milik pemerintah yang terpercaya tanpa agunan. UKU telah menggabungkan teknologi risk management yang berkolaborasi dengan machine learning, dan adanya data mining. Sehingga bisa menyediakan layanan pinjaman yang berkualitas bagi pengguna.

3. Pegadaian

PT Pegadaian Persero merupakan perusahaan BUMN yang pertama kali berdiri pada tanggal 1 April 1901. Perusahaan ini sudah menjadi layanan yang bisa kita manfaatkan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital. Saat ini pegadaian juga turut bekerja sama dengan LinkAja dalam mengembangkan pinjaman tanpa agunan yang resmi dari pemerintah. Pegadaian juga telah lama bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi segala resiko yang bisa terjadi pada pengguna.

Pegadaian turut menawarkan pembiayaan usaha kecil dan menengah, tabungan emas, cicilan, serta pinjaman dengan agunan sebagai salah satu bisnis utamanya. Dalam menjalankan bisnis pinjamannya, Pegadaian selalu menerapkan prinsip yang jelas dan transparan. Selalu menjunjung tinggi nilai transparasi, akuntabilitas, keadilan, dan independensi. Saat ini pihak Pegadaian cukup aktif dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Namun, nasabah juga bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan khusus untuk UMKM yang berusia minimal 2 tahun. Dengan pinjaman mulai dari 10 juta hingga 2 miliar . Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan :

  1. Awalnya nasabah harus melampirkan copy invice yang nantinya sebagai agunan tanpa perlu adanya jaminan aset fisik. Serta prosesnya bisa secara online dan praktis saja melalui https://digilend.pegadaian.co.id.
  2. Peminjam bisa langsung melakukan registrasi, lalu unggah seluruh dokumen yang tertera secara lengkap agar bisa lolos verifikasi. Dokumen yang harus ada seperti KTP, dokumen identitas lain, dokumen keuangan, copy invoice, dan lainnya.
  3. Calon peminjam juga harus untuk mengisi poin copy invoice, jangka waktu pinjaman, serta tanggal jatuh tempo invoice.
  4. Jika seluruh dokumen kemudian diunggah oleh calon peminjam dengan lengkap, maka selanjutnya akan dihubungi oleh pihak Pegadaian untuk tahap pencairan.

Kelebihan Pinjaman Aplikasi LinkAja

Aplikasi ini bekerja sama dengan berbagai pihak terutama pemerintah untuk mengeluarkan pinjaman online cepat dan praktis tanpa agunan. Selain itu, kita juga bisa menentukan nominal jumlah pinjaman dan waktu tenor untuk pinjaman tersebut serta ada banyak promn dan diskon voucher yang bisa kita dapatkan.

Kekurangan Pinjaman Aplikasi LinkAja

LinkAja belum menjalin mitra dengan beberapa pihak lain yang ada di pelosok negeri, sehingga beberapa layanan umum masih belum bisa menjadi layanan LinkAja. Pinjaman dengan menggunakan aplikasi memanglah praktis, namun sebagai peminjam tetap harus waspada karena saat ini masih banyak penipuan yang mengatasnamakan pihak LinkAja. Penipuan tersebut seringkali merugikan para pengguna. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dan hanya menghubungi alamat resmi CS LinkAja.

Satu pemikiran pada “Pinjaman Online Pemerintah”

Tinggalkan komentar