Cara Transfer LinkAja ke DANA

Cara Transfer LinkAja ke DANA

Dalam melakukan pemindahan uang dari satu akun ke akun yang lain biasanya memang kita akan menemui beberapa kendala. Apalagi jika kedua jenis akun tersebut memang tidak sama jenisnya. Salah satu yang sering menjadi pencarian adalah cara transfer LinkAja ke DANA.

Dengan berbekalkan pengetahuan hasil percobaan dan riset dari beberapa praktisi, kami berhasil menyusun tata cara terbaik dalam melakukan transfer LinkAja ke OVO, Gopay dan pastinya ke akun DANA Anda. 

Sebenarnya dalam melakukan pemindahan saldo dari satu dompet elektronik ke beberapa jenis dompet elektronik lain, langkahnya sama saja seperti saat Anda melakukan pemindahan saldo dari LinkAja menuju ke rekening bank. Namun yang perlu Anda perhatikan hanya pada bagian nomor rekening tujuan yang berbeda saja.

Rekening Bank DANA

Sebenarnya beberapa produk e-wallet tersebut adalah produk turunan dari beberapa bank yang ada di Indonesia. Seperti misalnya jika Anda ingin melakukan top up  menuju akun OVO Anda menggunakan saldo yang ada pada LinkAja, maka caranya hanya cukup dengan memilih menu pengiriman uang ke bank tujuan berupa Bank Nobu.

Namun untuk kali ini yang ingin kami bahas adalah jika Anda ingin melakukan pengiriman saldo dari linkAja menuju ke DANA. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih bank tujuan yang ingin Anda tuju CIMB Niaga, karena DANA merupakan produk turunan dari bank CIMB Niaga.

Baca Juga: Cara Transfer GoPay Ke Dana

Biaya Admin dan Proses Transfer dari LinkAJa ke DANA

Ada yang perlu Anda perhatikan dalam memindahkan saldo dari akun yang berbeda jenisnya, pada pemindahan saldo dari LinkAja menuju ke DANA akan ada beberapa biaya administrasi yang perlu Anda ketahui. Untuk biaya administrasi dari LinkAja menuju ke DANA sebenarnya akan sama saja seperti saat Anda melakukan transfer menuju rekening yang berbeda bank yaitu sebesar 6.500 rupiah saja. 

Namun yang menarik dari proses pengiriman saldo dari LinkAja adalah tidak ada waktu tunggu maupun pengendapan, transfer Anda akan berlangsung secara instan. Jika Anda melakukan transfer maka proses akan langsung selesai di saat itu juga, kecuali tentu saja apabila memang sedang ada gangguan teknis dari salah satu rekening yang ingin Anda gunakan. 

Biasanya jika Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa menghubungi call center dari aplikasi pengirim saldo, pada kasus ini maka silahkan Anda menghubungi pihak maintenance dari LinkAja.

Apakah Harus Upgrade LinkAja Untuk Bisa Transfer?

Salah satu syarat utama sebelum Anda melakukan transfer uang dari LinkAja menuju DANA adalah Anda harus sudah melakukan upgrade akun LinkAja Anda menjadi akun full service. Selain dapat melakukan transfer menuju rekening lain, dengan melakukan upgrade akun LinkAja Anda akan bisa melakukan tarik tunai di ATM serta transfer uang tanpa harus menggunakan kartu ATM.

Syarat dalam melakukan upgrade sangat sederhana yaitu Anda tinggal melakukan upload data diri berupa KTP serta foto selfie dengan memegang KTP.

Apabila Anda memang sudah mempersiapkan masing – masing akun, baik akun pengiriman berupa LinkAja dan akun penerima saldo berupa DANA, maka Anda bisa melanjutkan langsung pada bagian tata cara transfer dari LinkAja menuju DANA. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan panduannya secara lengkap dan runtut.

Baca Juga: Cara Transfer DANA Ke ShopeePay

Cara Transfer Saldo dari LinkAja

Transfer dari Linkaja ke DANA

  1. Yang pertama yaitu silahkan Anda buka aplikasi LinkAja yang ada di HP Anda.
  2. Kemudian silahkan Anda pilih menu “Kirim Uang”.
  3. Kemudian pada beberapa pilihan yang mereka sediakan, silahkan Anda cari bank tujuan Anda yang berupa “CIMB NIAGA”.
  4. Lalu Anda bisa melanjutkan dengan memasukkan nomor rekening tujuan Anda yang berupa virtual account DANA. Nomornya biasanya berupa 8059 yang diikuti oleh nomor HP Anda yang terdaftar pada DANA.
  5. Lalu Anda bisa memilih opsi “Lanjut”.
  6. Kemudian Anda dapat memasukkan jumlah saldo yang ingin Anda kirimkan ke DANA.
  7. Setelah itu silahkan Anda klik tanda Centang Merah yang ada pada layar.
  8. Setelah semuanya selesai, silahkan Anda periksa kembali semua data yang telah Anda input secara rinci, mulai dari nomor rekening DANA serta nominal uang yang ingin Anda kirimkan.
  9. Apabila memang semuanya sudah sesuai maka silahkan Anda klik tombol “Konfirmasi”.
  10. Maka langkah terakhir adalah Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi proses transfer dengan memasukkan 6 digit PIN LinkAja yang Anda miliki.
  11. Selesai, apabila Anda melakukan semua langkah yang ada dari nomor 1 hingga 10 maka proses transfer Anda akan dinyatakan berhasil. Biasanya akan ada notifikasi dari DANA terkait dengan adanya transfer uang yang telah diterima dari LinkAja secara instan dan rinci.

Selain melakukan transfer menuju ke DANA, sebenarnya Anda juga bisa melakukan top up rekening elektronik lain dari LinkAja, seperti salah satunya menuju akun OVO Anda.

Baca Juga: Cara Transfer LinkAja Ke GoPay

Transfer LinkAja ke OVO

  1. Buka aplikasi LinkAja yang ada pada ponsel Anda.
  2. Kemudian sama seperti sebelumnya Anda tinggal memilih menu “Kirim Uang”.
  3. Pada bank tujuan silahkan Anda ketikan Nobu agar muncul pilihan “(503) Bank Nobu”.Silahkan Anda pilih Bank Nobu tersebut.
  4. Pada bagian kolom nomor rekening, Anda bisa mengisikan nomor rekening OVO Anda, yaitu angka 9 dan nomor HP yang Anda daftarkan pada akun OVO Anda. Pastikan bahwa nomor tersebut memang merupakan nomor OVO yang akan menerima transfer dari LinkAja.
  5. Lalu Anda kemudian bisa melanjutkan dengan tap “Lanjut”. 
  6. Kemudian disini Anda tinggal memasukkan nominal top up yang ingin Anda lakukan pada OVO, minimal nominal yang bisa Anda lakukan adalah sebesar 10.000 rrupiah saja.
  7. Selanjutnya Anda tinggal menekan centang pada bagian bawah layar aplikasi Link Aja.
  8. Apabila setelah Anda cek lagi memang nomor rekening tujuan serta jumlah top up OVO sudah sesuai, maka Anda tinggal klik tombol ”Konfirmasi”.
  9. Kemudian Anda tinggal memasukkan PIN LinkAja dengan hati – hati.
  10. Selesai, Anda akan secara otomatis memindahkan saldo dari LinkAja menuju akun OVO pada saat itu juga.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam melakukan transfer dari LinkAja menuju ke OVO akan sama seperti dengan saat Anda melakukan transfer menuju DANA, yaitu Anda akan dikenakan biayanya administrasi. 

Besar nominal dari biaya administrasi tersebut akan sama persis seperti saat transfer ke rekening bank lain dari LinkAja yaitu sebesar 6.500 rupiah saja per transaksinya.

Kesimpulan

Cara transfer dari LinkAja ke DANA memiliki langkah yang sama seperti saat Anda melakukan transfer dari LinkAja menuju rekening bank lain termasuk menuju rekening dompet digital OVO. Yang menjadi perbedaan hanyalah pada pemilihan jenis bank saja.

Selain itu Anda juga bisa melakukan penarikan saldo yang ada pada LinkAja Anda pada mesin ATM tanpa harus menggunakan kartu ATM Anda. Dengan kata lain Anda tidak perlu repot – repot lagi menarik uang secara fisik terlebih dahulu untuk bisa melakukan top up saldo DANA Anda dengan menggunakan aplikasi LinkAja.

Semoga Anda bisa menjadikan ulasan kami sebagai panduan utama dalam mengetahui cara transfer LinkAja ke DANA secara praktis dan instan, semoga berhasil dan selamat mencoba.

Tia

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Transfer LinkAja ke DANA yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait