cara transfer gopay ke ovo

Cara Transfer GoPay ke OVO

Cara transfer GoPay ke OVO memang akan dapat Anda lakukan secara praktis dan mudah apabila Anda sudah mengerti caranya. 

Dewasa ini memang kebutuhan akan transaksi digital dari dan ke berbagai macam rekening berbeda lebih banyak terjadi di kalangan masyarakat. Hal ini juga tentu didukung dengan adanya perkembangan teknologi finansial atau fintech yang semakin hari akan semakin canggih dan memudahkan penggunanya.

Salah satu jenis dompet digital yang masih eksis hingga sekarang dan termasuk sudah menjadi pionir dalam bidang finansial adalah Gopay dan OVO. Bagi Anda yang memang memiliki kedua akun tersebut kemungkinan besar juga akan sering menemui kesulitan apabila ingin melakukan transfer saldo antara keduanya.

Sebenarnya cara transfer Gopay menuju OVO tidaklah menyulitkan penggunanya, bahkan bisa Anda lakukan dengan mudah. Yang perlu Anda lakukan sebelum Anda bisa melakukan transfer saldo digital dari GoPay menuju ke OVO ataupun dompet digital lainnya  adalah  melakukan upgrade akun GoPay Anda terlebih dahulu.

GoPay

Seperti yang telah Anda ketahui sendiri, Gojek merupakan sebuah aplikasi yang melayani jasa antar jemput baik penumpang, barang, maupun makanan dari restoran. Dan apabila Anda perhatikan melalui laman resminya, GoPay merupakan produk layanan berupa uang elektronik yang dapat Anda manfaatkan dalam melakukan berbagai macam transaksi pembayaran dan keuangan yang ada pada aplikasi Gojek. 

Selain itu juga Anda bisa menggunakan GoPay dalam transaksi lain seperti pada toko dan restoran yang merupakan mitra GoPay, dan menggunakan GoPay sebagai salah satu rekening pembayarannya.

Dalam praktiknya, Gopay sering juga digunakan sebagai perantara transfer saldo dari satu rekening ke rekening yang lainnya. Apalagi bagi Anda yang sudah upgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus, maka akan lebih banyak lagi benefit yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi in.

Hal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan transfer saldo antara Gopay menuju OVO adalah terlebih dahulu Anda harus melakukan verifikasi akun GoPay dan OVO Anda.

Verifikasi Akun GoPay

Dalam proses pendaftaran akun GoPay, hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dalam proses verifikasi akun. Tahap ini hanya memerlukan persiapan berupa KTP saja. Setelah Anda menyiapkan KTP pendaftaran, maka silahkan Anda masuk ke halaman GoPay dan masuk ke menu akun. 

Silahkan Anda cari kolom mengenai verifikasi akun dan ikuti petunjuk yang ada pada halaman tersebut. Biasanya yang perlu Anda lakukan setelah Anda menyiapkan KTP Anda adalah Anda perlu melakukan upload foto KTP Anda dengan jelas dan kualitas yang baik hingga semua data pada KTP Anda dapat terbaca dengan jelas.

Proses selanjutnya dalam verifikasi akun adalah Anda harus melakukan upload swafoto dengan memegang KTP di depan Anda. Sama seperti sebelumnya pada proses ini Anda harus memastikan bahwa foto Anda terlihat lurus dan jela. Ketentuan ukuran foto baik KTP dan swafoto bersama KTP tersebut akan tertuang pada contoh foto yang mereka berikan. Mulai dari setengah badan, tidak boleh memakai atribut, serta KTP Anda terlihat dengan jelas.

Baca Juga: Cara Transfer GoPay Ke Dana

Cara upgrade OVO ke OVO Premium

Selain melakukan verifikasi akun GoPay, pastikan pula bahwa Anda juga telah melakukan  upgrade akun OVO Anda menjadi OVO Premium. Persyaratan yang harus Anda siapkan sebenarnya sama seperti saat verifikasi akun GoPay yaitu pengguna hanya perlu menyiapkan KTP saja. 

Sedangkan tata caranya dapat Anda simak dalam cara upgrade ke OVO Premium sebagai berikut ini.

  1. Buka aplikasi OVO yang ada di HP Anda.
  2. Kemudian silahkan Anda klik tombol “OVO ID” di menu utama aplikasi OVO Anda.
  3. Lalu Anda tinggal melakukan klik tombol “Upgrade”. 
  4. Setelah itu Anda bisa melakukan klik tombol “Upgrade Sekarang”. 
  5. Pada saat memilih cara upgrade maka silahkan Anda pilih “Upgrade Online”. 
  6. Lalu Anda bisa melakukan klik tombol “Mulai” untuk memulai upgrade . 
  7. Selanjutnya, silahkan Anda ikuti perintah dari aplikasi mulai dari pengisian data sesuai KTP dan upload foto beserta KTP.
  8. Setelah semua proses input data selesai maka Anda bisa klik tombol “Konfirmasi”.
  9. Selesai, Anda tinggal menunggu hasil proses pengajuan ke OVO Anda agar bisa upgrade menjadi akun OVO Premium.

Cara Transfer GoPay ke OVO

1. Buka Aplikasi Gojek.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Gojek yang ada pada HP Anda. Apabila Anda belum memilikinya maka Anda bisa melakukan download pada Google Play Store atau app store lainnya. Pastikan pula Anda sudah memverifikasi akun Anda agar menjadi akun premium.

2. Login GoPay

Selanjutnya Anda tinggal membuka menu GoPay Anda pada bagian menu utama yang ada pada aplikasi Gojek. 

3. Tarik Saldo

Kemudian untuk melanjutkan pada proses selanjutnya Anda hanya perlu menemukan menu “More” atau jika Anda menggunakan Bahasa Indonesia maka akan ada pada menu “lainnya”. Setelah itu silahkan Anda pilih menu “Withdraw” atau “Tarik”.

4. Tambahkan Rekening Bank

Langkah keempat adalah Anda tinggal klik pada menu “Tambahkan Bank Lain”. Apabila aplikasi Anda menggunakan Bahasa Inggris maka Anda bisa klik “Add another bank”.

5. Isi Nomor Rekening

Kemudian agar dapat melanjutkan proses maka Anda harus memasukkan nama bank National Nobu di pilihan bank. Perlu Anda ketahui bahwa Bank National Nobu adalah induk rekening dari dompet digital OVO. 

Lalu Anda bisa mengisi identitas sesuai dengan kolom yang ada. Kolom tersebut akan berisi tentang nama akun yang bisa Anda isi dengan nama pemilik akun OVO Anda. Selanjutnya kolom kedua adalah nomor rekening yang bisa Anda isi dengan nomor 9 sebagai kode rekening dan diikuti oleh nomor handphone Anda yang telah terdaftar di OVO.

Setelah Anda mengisi nomor rekening OVO dengan sesuai maka Anda bisa memilih menu “Simpan”.

6. Nominal Transfer Saldo

Setelah itu Anda bisa memasukkan jumlah nominal dana GoPay untuk bisa Anda transfer menuju ke OVO. Setelah itu silahkan klik “Tarik” atau “Withdraw”.

Sebelum mengkonfirmasi transaksi yang ingin Anda lakukan, maka Anda perlu memastikan kembali apakah semua data yang telah Anda masukkan telah benar dan sesuai.

Jika memang Anda telah mengisi data dengan sesuai, Anda tinggal pilih menu “Konfirmasi“.

7. Masukkan PIN Gojek 

Kemudian untuk memverifikasi transaksi tersebut maka Anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN GoPay Anda agar dapat melakukan transfer ke OVO.

8. Selesai

Setelah itu Anda tinggal menunggu hingga halaman pada aplikasi Gojek Anda akan menunjukkan bahwa proses transfer Anda telah berhasil. 

Untuk bisa memastikan hal tersebut Anda juga bisa melakukan cek notifikasi dan saldo yang ada pada akun OVO milik Anda. 

Baca Juga: Cara Transfer LinkAja Ke Gopay

Biaya Administrasi

Satu hal lain yang perlu Anda ketahui saat melakukan pengiriman saldo dari GoPay ke OVO adalah adanya biaya administrasi yang harus Anda tanggung pada setiap transaksi yang ingin Anda lakukan. 

Biasanya secara normal biaya admin yang harus Anda keluarkan selain dari jumlah nominal transfer yang ingin Anda lakukan adalah sebesar Rp2.500 saja. Tentu bila kita membandingkan nominal ini dengan biaya admin saat kita melakukan transaksi antar bank maka nominal ini akan terasa jauh lebih murah.

Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa saldo GoPay Anda cukup agar Anda bisa secara lancar melakukan transfer saldo dan pembayaran biaya administrasi untuk mengirimkan dana pada OVO.

Penutup

Demikian cara transfer GoPay ke OVO secara praktis dan mudah, semoga Anda bisa menjadikan informasi yang ada diatas sebagai panduan utama dalam melakukan transfer antar dompet digital secara langsung cepat, dan mudah.

Tia

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Transfer GoPay ke OVO yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait