Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Bagi Anda yang sudah ingin berhenti dari kebiasaan berhutang pada saat melakukan transaksi online, mungkin langkah pertama yang Anda ingin lakukan adalah mencari cara menonaktifkan Shopee Paylater yang Anda miliki. 

Memang, akan lebih menyenangkan apabila kita bisa melakukan pembelian secara tunai satu kali bayar, namun pada beberapa kesempatan mungkin kita memang sedang sangat membutuhkan barang tersebut dan terpaksa melakukan pembelian secara kredit..

Salah satu layanan kredit yang Anda gunakan mungkin adalah Shopee Paylater. Dan karena Anda tidak ingin terus bergantung pada layanan tersebut mungkin Anda ingin segera menonaktifkannya.

Di era teknologi informasi ini memang segala macam kegiatan baik transaksi hingga kegiatan jual beli semakin banyak yang bergeser pada basis online. Selain memudahkan agar kita tidak perlu keluar rumah, adanya perkembangan ini juga membuat semua kegiatan menjadi lebih praktis dan cepat.

Namun, kemudahan tersebut juga memunculkan adanya sifat konsumtif. Karena proses belanja menjadi sangat praktis dan mudah. Hal itu juga didukung dengan adanya kemudahan metode pembayaran yang menyediakan pilihan bayar secara kredit.

Shopee Paylater

Salah satu penyedia layanan pembayaran kredit pada pembelian online adalah Shopee Paylater. Layanan tersebut merupakan produk Shopee yang menyediakan opsi pembayaran secara kredit tanpa adanya Down Payment (DP).

Sesuai dengan namanya, layanan ini bisa kita gunakan pada saat kita ingin melakukan pembelian pada aplikasi Shopee dengan pembayaran secara kredit dan berkala. Bunga yang mereka tawarkan juga ada berbagai pilihan tergantung pada jumlah angsuran yang ingin kita pilih.

Karena memang budaya berbelanja online ini sudah menjadi salah satu bentuk hiburan tersendiri bagi kebanyakan orang. Beberapa orang menyebutnya sebagai self reward, atau bentuk penghargaan bagi diri sendiri atas pencapaian suatu keadaan.

Ada juga yang memang sudah bosan dengan kegiatan yang semakin lama hanya bisa kita lakukan di rumah saja, sehingga mereka melampiaskannya dengan cara berbelanja. Padahal sering kali hal – hal yang mereka beli tidak benar – benar sedang mereka butuhkan sehingga tidak benar – benar berguna nantinya.

Pada kesempatan lain mungkin pembelian yang kita lakukan juga atas dasar hasrat sesaat, atau termakan iklan, atau bahkan termakan trend yang memang sedang hits.

Baca Juga: Cara Transfer DANA Tanpa Premium

Cara Kerja Shopee Paylater

Fitur Paylater pada Shopee memang memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan pembelanjaan terlebih dulu, jadi barang akan kita terima sebelum kita membayar sepeser pun. Cara kita melunasinya juga akan terasa lebih ringan karena bisa secara kredit dengan nominal cicilan yang lebih rendah.

Selain itu cara mendaftarnya juga sangat mudah, kita hanya memasukkan data diri dari KTP dan beberapa informasi sederhana mengenai kontak dan rata – rata penghasilan yang kita hasilkan per bulannya. Maka secara otomatis kita akan mendapatkan saldo awal Shopee Paylater, berupa nominal maksimal pembelian yang bisa kita lakukan secara kredit di bulan tersebut.

Saldo ini bersifat fluktuatif, dan bergantung pada performa pembelian serta pembayaran kita setiap bulannya. Jadi bisa berganti – ganti setiap waktu.

Sebenarnya apabila kita bisa mengaturnya dengan seksama dan cermat, memang fitur ini bisa kita manfaatkan untuk membeli barang yang memang sangat kita butuhkan, seperti contohnya barang yang produktif bagi usaha yang sedang kita jalankan.

Namun apabila Anda memang ingin menonaktifkan fitur ini, maka cara yang akan kami ulas di bawah ini mungkin akan dapat berguna bagi Anda.

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Bagi Anda yang tidak ingin lagi mendapatkan fitur Shopee Paylater mungkin memiliki beberapa alasan. Salah satunya bisa jadi memang karena adanya denda yang cukup memberatkan apabila kita sampai melakukan keterlambatan pembayaran.

Denda keterlambatan itu juga akan bersifat kumulatif, semakin lama Anda terlambat dan semakin sering Anda terlambat maka denda yang harus Anda bayarkan juga akan sangat besar sekali.

Selain itu bunga yang mereka tawarkan juga sebenarnya tidak rendah. Cicilan bulanan yang kita lakukan memang akan terasa lebih ringan, namun jika Anda hitung secara keseluruhan maka bunga pembayaran yang kita lakukan akan sangat jauh lebih besar daripada harga aslinya.

Jika Anda memang takut tidak bisa mengendalikan emosi dan terjerumus dalam resiko tersebut, memang langkah terbaik adalah mengetahui cara menonaktifkan Shopee Paylater. Sehingga Anda akan sepenuhnya terhindar dari beberapa kemungkinan buruk tersebut.

Perlu Anda perhatikan sebelumnya bahwa dalam menonaktifkan Shopee Paylater, yang harus Anda pastikan sebelumnya adalah pelunasan kredit sebelumnya terlebih dahulu. Apabila masih ada cicilan yang belum terselesaikan atau menunggak maka sebaiknya Anda selesaikan terlebih dulu.

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater Melalui Shopee

Sedangkan cara menonaktifkan Shopee Paylater dapat Anda lakukan dengan langkah berikut ini.

  1. Yang pertama silahkan buka aplikasi Shopee pada HP Anda.
  2. Kemudian silahkan Anda masuk pada menu “Saya” yang  ada pada pojok kanan bawah.
  3. Kemudian pada bagian kanan atas Anda akan menemukan logo gerigi “Pengaturan”, silahkan klik pada logo tersebut.
  4. Setelah itu scroll ke bawah hingga Anda menemukan “Ajukan Penghapusan Akun”. Silahkan Anda klik menu tersebut.
  5. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk memasukkan password atau kode verifikasi, silahkan masukkan data sesuai yang Anda miliki.
  6. Pada kolom “Alasan Hapus”, silahkan isikan beberapa kalimat singkat alasan penghapusan  yang ingin Anda lakukan. 
  7. Kemudian silahkan Anda mencantumkan alamat email sesuai dengan yang Anda daftarkan pada aplikasi Shopee tersebut.
  8. Lalu klik kolom centang pada pilihan “Setuju dengan Syarat dan Ketentuan untuk penghapusan”.
  9. Kemudian silahkan Anda klik “Kirimkan.
  10. Maka selanjutnya Shopee akan memproses permintaan Anda, silahkan tunggu hingga Shopee akan mengirimkan konfirmasi terkait penghapusan akun yang telah Anda ajukan. Konfirmasi tersebut akan mereka sampaikan melalui email Anda.

Syarat dan Kerugian dalam Menonaktifkan Shopee Paylater

Apabila memang semua pengajuan penghapusan akun Anda telah disetujui oleh Shopee, maka Anda tidak akan lagi takut terjerumus pada hutang kredit pada Shopee Paylater. Namun tentu saja ada pula syarat dan kerugian yang akan kita alami setelah melakukan hal ini.

Koin Shopee Hangus

Beberapa kerugian dalam menonaktifkan Shopee Paylater tersebut antara lain adalah hangusnya semua Koin Shopee yang sebelumnya Anda miliki atau kumpulkan. Bagi beberpa pengguna memang biasanya akan memiliki banyak Koin Shopee yang telah mereka kumpulkan sejak lama.

Pengumpulan ini biasanya terjadi setelah Anda melakukan transaksi, memberikan penilaian beserta foto dan video, melakukan beberapa games, atau mendapatkan hadiah dari event tertentu. 

Koin Shopee memang cukup bermanfaat bagi beberapa transaksi yang akan kita lakukan. Dan bila Anda menghapus akun Anda maka semua koin tersebut akan otomatis hilang. 

Cara mengatasi hal ini adalah silahkan Anda manfaatkan seluruh koin ini sebelum Anda melakukan penghapusan akun agar tidak sia – sia.

Harus Menyelesaikan Semua Transaksi

Ada pula syarat yang harus Anda penuhi yaitu Anda tidak boleh memiliki pesanan yang sedang aktif. Jadi sebelum menghapus akun pastikan bahwa semua pesanan Anda sudah selesai. 

Tidak Dapat Mengakses Riwayat Transaksi

Pada saat melakukan transaksi pada Shopee, semua aktivitas tersebut akan terekam dan tercatat pada Shopee. Data ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi pencatatan keuangan, atau data transaksi maupun supplier yang kita dapatkan dari Shopee.

Riwayat transaksi ini tidak akan lagi dapat kita akses pada saat kita sudah menghapus akun Shopee yang kita miliki.

Kemudian kerugian selanjutnya adalah bisa jadi saat Anda akan melakukan pengajuan pembuatan aku baru dengan data diri yang sama, Shopee dapat menolak pengajuan tersebut.

Penutup

Memang cara teraman apabila ingin terhindar dari kredit Shopee Paylater adalah menonaktifkan akunnya sekaligus. Namun apabila melihat dari beberapa resiko dan kerugian yang akan kita dapatkan mungkin kita bisa mencari alternatif lain dalam mengontrol keinginan kita.

Memang sebaiknya yang kita atur adalah emosi dan keinginan kita sendiri, sehingga kita bisa tetap memanfaatkan semua fitur pada aplikasi Shopee tanpa harus menggunakan fitur Shopee Paylater sama sekali.

Semoga ulasan kami dapat membantu Anda menjadi lebih bijak dalam mengatur keuangan, selamat mencoba.

Satu pemikiran pada “Cara Menonaktifkan Shopee Paylater”

Tinggalkan komentar